3 Tokoh Aliran Ekonomi Klasik

Situs Ekonomi - Dalam ilmu ekonomi, kita mengenal adanya aliran klasik. Aliran ini memiliki tiga tokoh yang sangat berpengaruh dalam studi ilmu ekonomi; Adam Smith, David Ricardo dan Tomas Robert Malthus.

Aliran ini merupakan aliran pertama dalam dunia perekonomian yang dipelopori oleh Adam Smith dengan bukunya yang sangat fenomenal "An Inquiry Into The Nature And Causes Of The Wealth Of Nations". Adam Smith mengemukakan bahwa untuk berlangsungnya perkembangan ekonomi diperlukan adanya spesialisasi agar produktivitas tenaga kerja bertambah. Sejak Adam Smith mengeluarkan buku ini, para ahli ekonomi melanjutkan penyelidikan mengenai perkembangan ekonomi negara (Irawan, 1992: 3).

Dasar-dasar Ekonomi

Pakar ekonomi klasik lainnya adalah David Ricardo. Tokoh ini memiliki teori, di mana masyarakat ekonomi ada tiga golongan, yaitu kapitalis, buruh dan tuan tanah.

Golongan kapitalis adalah golongan yang memimpin produksi. Kemudian golongan buruh, di mana golongan ini bergantung pada golongan kapitalis dan merupakan golongan terbesar dalam masyarakat.

Golongan terakhir adalah golongan tuan tanah. Golongan ini merupakan golongan yang memfasilitasi golongan kapitalis, seperti penyewaan areal tanah (Suparmoko, 1992: 24).

Sementara Thomas Robert Malthus memiliki pandangan yang berbeda. Malthus mengatakan bahwa, "Kenaikan jumlah penduduk yang terus-menerus merupakan unsur yang perlu untuk adanya tambahan permintaan. Meskipun begitu, kenaikan jumlah penduduk saja tanpa dibarengi dengan kemajuan faktor-faktor perkembangan yang lain sudah tentu tidak akan menaikkan pendapatan dan tidak akan menaikkan permintaan."

Meskipun ketiga tokoh tersebut memiliki titik pandangan yang berbeda-beda, tetapi memiliki satu tujuan, yaitu bagaimana caranya agar terciptanya produktivitas yang lebih baik. Kemudian bagaimana agar konsep perekonomian dapat berjalan di tengah-tengah perbedaan status masyarakat. Selain itu, hal yang tak luput dari perhatian kita sebagai negara dunia ketiga adalah besarnya populasi yang harus diimbangi dengan unsur-unsur perkembangan teknologi serta kualitas sumber daya manusia (SDM).

0 Response to "3 Tokoh Aliran Ekonomi Klasik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel