Pengertian Teknologi dalam Ilmu Ekonomi

Situs Ekonomi - Dalam artian sehari-hari teknologi berarti suatu perubahan dalam fungsi produksi yang tampak dalam teknik produksi yang ada. Hingga saat ini, masih ada di beberapa negara maju yang belum menggunakan teknik secara ekonomis maksimum kerena mungkin pasaran yang tidak luas dan halangan-halangan kebudayaan (Irawan, 2002: 196).

Dengan demikian, perubahan-perubahan teknik tersebut harus selalu diupayakan oleh suatu negara supaya adanya penggunaan yang maksimum dari faktor-faktor tersebut. Adapun perubahan-perubahan teknik untuk pertumbuhan ekonomi ialah suatu perubahan dalam metode produksi atau sering disebut dengan inovasi, seperti halnya yang selama ini telah diterapkan oleh industri-industri lokal.

Pengertian Teknologi

Jadi, maksud dan tujuan dari perubahan teknologi (technological change) ini adalah perubahan dalam fungsi produksi pada suatu kegiatan tertentu yang dapat menambah hasil dengan input tertentu. Sebagai contoh, dulu para petani membajak sawah dengan menggunakan kerbau, sekarang telah ada alat produksi baru yang disebut dengan traktor. Dengan adanya alat produksi yang baru tersebut, tentunya akan mengubah cara kerja para petani, yang awalnya membutuhkan waktu yang lama sekarang hanya dalam waktu yang singkat dapat menghasilkan output yang lebih banyak daripada dengan penggunaan metode tradisional.

Memang di era globalisasi sekarang ini umumnya negara-negara sedang berkembang lebih mudah untuk meniru teknologi dari negara-negara yang telah maju. Walaupun demikian, peranan riset juga jangan diabaikan mengingat bahwa terkadang teknologi yang diterapkan oleh negara maju tersebut tidak sesuai untuk diterapkan di negara yang sedang berkembang.

Maka dari itu, sebaiknya peranan riset tetap berjalan demi menyesuaikan antara teknologi dan kondisi keadaan lingkungan di negara setempat. Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Meier, "Terjadinya invensi-invensi yang besar pada revolusi industri dapat dijelaskan dengan baik selama kondisi masyarakat pada saat itu sedang berada di kondisi yang menguntungkan buat adanya perkembangan."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel