Pengertian Ekspor Neto

Situs Ekonomi - Mankiw (2006: 13) mengatakan, "Ekspor neto (net exports) ialah ekspor dikurangi impor". Maka, setiap penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam negeri kepada pembeli di negara lain akan meningkatkan ekspor neto di negara setempat.

Ekspor Neto

Sedangkan neto itu sendiri mengacu pada kenyataan bahwa nilai impor dikurangi nilai ekspor. Pengurangan ini dilakukan karena impor barang dan jasa dimasukkan dalam komponen PDB (produk domestik bruto) yang lain, seperti konsumsi, investasi dan belanja pemerintah.

Sebagai contoh, sebuah rumah tangga membeli Nissan Terra seharga Rp 464 juta dari pembuat mobil asal Jepang. Transaksi ini meningkatkan konsumsi sebesar Rp 464 juta karena pembelian mobil tersebut merupakan bagian dari pembelanjaan konsumen. Di sisi lain, transaksi ini juga mengurangi ekspor neto sebesar Rp 464 juta karena mobil tersebut merupakan barang impor.

Jadi, ketika rumah tangga, perusahaan dalam negeri atau pemerintah membeli sebuah barang dan jasa dari luar negeri, pembelian tersebut mengurangi ekspor neto. Namun, hal itu tidak mempengaruhi PDB karena pembelian ini juga meningkatkan konsumsi, investasi dan belanja pemerintah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel