Keadaan Kapital di Negara Sedang Berkembang

Situs Ekonomi - Kapital merupakan segala bentuk kekayaan yang dapat digunakan, baik secara langsung maupun tak langsung, dalam hal produksi guna menambah output. Lebih terperinci dapat dikatakan bahwa kapital terdiri dari barang-barang yang dibuat untuk penggunaan produksi pada masa yang akan datang (Irawan, 2002: 125).

Keadaan kapital di negara-negara yang sedang berkembang umumnya sangat memprihatinkan. Kebanyakan negara-negara tersebut saat ini hanya mempunyai tabungan dan investasi hanya sebesar dua sampai enam persen dari pendapatan nasionalnya.

Terkait dengan pembentukan kapital, mestinya kita harus menginvestigasi bagaimana penawaran dan permintaan terhadap kapital itu sendiri. Penawaran kapital akan rendah bila tabungan rendah; tabungan akan rendah bila pendapatan rendah dan pendapatan akan menjadi rendah apabila produktivitas rendah.

Oleh sebab itu, kapital untuk pembangunan dapat diciptakan dengan cara menggeser kelebihan tenaga kerja dari sektor tertentu ke sektor lainnya (menggunakan pengangguran terselubung). Dengan demikian, faktor-faktor produksi yang menganggur dapat dimanfaatkan bagi pembangunan.

Fungsi Produksi
Gambar tersebut menerangkan bahwa pemindahan tenaga kerja dari Lke Lakan meningkatkan produksi dari B ke A atau PP1. Jumlah tenaga kerja yang ada antara L0 dan L1 disebut dengan tenaga yang menganggur tersembunyi.

Contoh yang dapat diberikan di sini adalah para pekerja petani yang menganggur ketika sedang menunggu hasil panen. Selama jangka waktu tersebut, jika tenaganya tidak disalurkan ke sektor yang lain, seperti pembangunan jalan-jalan desa, saluran-saluran air di pedesaan dan sebagainya, maka pendapatan yang ada akan habis untuk keperluan konsumsi.

Seandainya mereka menggunakan tenaganya untuk berkontribusi di sektor lain, maka di lain sisi produksi pertaniannya tetap berjalan tanpa ada pengurangan dan pendapatan yang diperoleh bisa digunakan untuk menabung. Dengan demikian, kapital di negara-negara yang sedang berkembang akan membaik seiring waktu.

0 Response to "Keadaan Kapital di Negara Sedang Berkembang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel