Kebijakan Ekonomi dalam Negeri

Situs Ekonomi - Peran pemerintah terkait pembangunan ekonomi memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Di Jepang dan Jerman, pemerintah memiliki peran penting dalam hal campur tangannya terhadap proses perkembangan ekonomi (Irawan, 2002: 403).

Sebaliknya, Inggris dan Amerika Serikat, peran pemerintahnya bisa dikatakan sedikit sekali. Hal ini disebabkan adanya kebebasan bergerak dari kalangan pedagang, sehingga menyebabkan perkembangan ekonomi yang pesat.

Kebijakan Ekonomi

Namun, hal tersebut tentunya berbeda dengan kasus yang ada di negara dunia ketiga, di mana pemerintah harus lebih aktif demi memperlancar pembangunan ekonomi. Halangan untuk berkembang di negara dunia ketiga saat ini lebih berat daripada halangan untuk berkembang di negara-negara maju, seperti halnya Jepang dan Jerman (Suparmoko, 2002: 404).

Untuk mengejar ketertinggalan ini, pemerintah harus menciptakan pasaran produk ekspor di luar negeri. Ini bukanlah perkara yang ringan. Maka dari itu, pemerintah harus menerapkan strategi pembangunan untuk mendobrak semua hambatan.

Mengenai strategi pembangunan, di sini terdapat dua aliran, yaitu all or nothing approach dan gradual approachAll or nothing approach mengatakan bahwa rintangan-rintangan pembangunan ekonomi hanya dapat diatasi bila pemerintah mengadakan industrialisasi besar-besaran dan secara cepat. Sedangkan gradual approach menyatakan bahwa rintangan pertumbuhan sebaiknya dihilangkan secara bertahap (Irawan, 2002: 405).

Dari kedua pendapat tersebut dapat diikhtisarkan bahwa pemerintah di negara sedang berkembang hendaknya lebih menitikberatkan pada pertanian, transpor, tenaga listrik dan jasa-jasa sosial untuk pabrik-pabrik. Dengan lancarnya perkembangan sektor pertanian, maka pabrik dapat berkembang karena bahan makanan cukup tersedia. Kemudian, tenaga dari sektor pertanian dapat dipindahkan ke sektor industri (Suparmoko, 2002: 406).

Kebijakan tersebut pada hakekatnya mencocoki pendapat "gradualist" yang mana pembangunan itu dilaksanakan secara perlahan-lahan dan campur tangan pemerintah juga dikehendaki. Intinya, sektor pertanian dan industri kecil lebih dulu dibenahi karena itu merupakan sektor utama sekaligus sektor yang paling banyak mengalami kemiskinan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel