Kebijakan Ekonomi Luar Negeri

Situs Ekonomi - Untuk menghadapi tantangan global, pemerintah di negara sedang berkembang harus melindungi industri dalam negeri dengan cara memberikan proteksi, subsidi dan multiple exchange rates. Namun, kebijakan tarif untuk proteksi mempunyai kelemahan, di mana konsumen dipaksa mengkonsumsi barang-barang dalam negeri yang lebih rendah kualitasnya (Irawan, 2002: 421).

Oleh sebab itu, pemerintah berinisiatif guna menyetarakan kualitas produk dalam negeri dengan produk impor melalui cara subsidi. Dengan subsidi, harga penjualan menjadi rendah sehingga dapat mendorong produksi dan mobilitas tenaga kerja (Suparmoko, 2002: 422).

Kebijakan Ekonomi

Di samping itu juga ada multiple exchange rates, cara ini dapat mengatur penggunaan devisa sebaik-baiknya karena importir harus membeli devisa dari pemerintah. Jadi, kebijakan perdagangan yang restriktif secara tidak langsung dapat memperbaiki neraca pembayaran internasional.

Setelah melewati beragam cara, masih ada hal-hal lain yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga kelangsungan industri dalam negeri, yakni mencari bantuan teknis. Bantuan teknis ini sangat penting untuk pembangunan negara sedang berkembang.

Adapun yang dimaksud dengan bantuan teknis ialah mengatur atau membentuk tim internasional untuk memberi nasihat kepada pemerintah negara sedang berkembang. Bantuan itu sendiri meliputi pemeberian fasilitas-fasilitas pendidikan di luar negeri dan penyediaan tenaga-tenaga ahli.

Meskipun kini telah tersedianya bantuan teknis, akan tetapi tetap saja belum cukup sampai ada pihak yang mau mendanai karena negara sedang berkembang sangat kekurangan kapital. Dengan demikian, pemerintah harus bergerak lagi untuk mencari investasi asing swasta.

Sejauh ini, investor asing enggan untuk berinvestasi di negara sedang berkembang karena proyek industri di negara sedang berkembang biasanya kurang menguntungkan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, pemerintah setempat harus dapat menjamin terhadap risiko hilangnya investasi tersebut (Suparmoko, 2002: 423).

Irawan (2002: 424) menyimpulkan, "Satu-satunya jalan bagi negara sedang berkembang adalah adanya investasi asing pemerintah." Investasi ini berupa pinjaman dan hadiah yang diberikan oleh pemerintah asing atau badan-badan internasional kepada pemerintah negara sedang berkembang. Biasanya, investasi ini dapat digunakan sekehendak negara peminjam.

0 Response to "Kebijakan Ekonomi Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel