Kewiraswastaan di Negara Sedang Berkembang

Situs Ekonomi - Berdasarkan hasil penelitian, ternyata di negara sedang berkembang memiliki semangat berdagang yang tidak kalah dengan negara maju. Hal-hal semacam ini seharusnya diperluas ke segala lini yang tidak hanya fokus dalam bidang perdagangan dan jasa saja, tetapi juga dalam bidang bangunan-bangunan (Irawan, 2002: 330).

Selama ini, negara sedang berkembang mengalami kekurangan wiraswasta di bidang industri manufaktur. Padahal, bidang tersebut sangat diperlukan bagi pembangunan ekonomi.

Kewiraswastaan

Kekurangan ini terutama disebabkan oleh keadaan sosial kebudayaan dan politik sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Schumpeter, "Kurangnya semangat wiraswasta di bidang manufaktur disebabkan oleh iklim sosial." Sehubungan dengan hal ini, semestinya kelas wiraswasta di negara belum maju mendalami terlebih dahulu pengetahuan manajerial. Inilah jalan satu-satunya untuk mengatasi iklim sosial tersebut.

Pentingnya peran manajer bagi sebuah perusahaan sangatlah vital untuk mengarahkan perusahaan tersebut ke jalur yang tepat ketika sedang dihadapkan dengan ancaman-ancaman global. Terkadang, perusahaan-perusahaan di negara belum maju hanya meniru saja pola perusahaan di negara maju tanpa melihat situasi dan kondisi di negeri sendiri.

Memang benar, saat ini segala sesuatu dapat berjalan dengan mudah seiring dengan perkembangan zaman, sehingga peran wiraswasta yang kreatif tidak lagi diutamakan. Apa saja yang dibutuhkan dapat ditiru dari negara maju dan tidak lagi memikirkan bagaimana untuk menciptakannya sendiri.

Akan tetapi, proses tersebut harus disesuaikan dengan keadaan setempat, tidak bisa semudah itu dalam meniru. Di negara maju, teknik yang digunakan bersifat labor saving (menghemat tenaga), sedangkan di negara belum maju bersifat capital saving (menghemat modal).

Jika hal ini tidak diperhatikan -- meniru tanpa ada landasan ilmu -- maka akan menimbulkan konflik dengan adat istiadat setempat (Suparmoko, 2002: 331). Jadi, apapun alasannya tetap saja kelas wiraswasta di negara belum maju harus dituntut lebih kreatif, walaupun terkadang di kondisi-kondisi tertentu harus meniru, maka tirulah dan modifikasi sesuai dengan keadaan setempat. Kesulitan-kesulitan seperti ini dapat diatasi dengan proses pendidikan dan memberi dorongan-dorongan materiil secara perlahan-lahan.

0 Response to "Kewiraswastaan di Negara Sedang Berkembang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel