Model Penggunaan Optimal

Model Penggunaan Optimal

Situs Ekonomi - Gambar tersebut menjelaskan bahwa sumber daya alam akan habis pada waktunya. Pada awalnya, sumber daya di muka bumi ini sama sekali tidak tersentuh. Seiring dengan perkembangan zaman, munculah penemuan-penemuan baru  yang mengindikasikan bahwa adanya sumber alam yang dapat dimanfaatkan guna membangun sebuah perekonomian.

Kemudian, sumber-sumber alam itu pun mulai dieksekusi secara berlebihan (over exploitation) tanpa diestimasi terlebih dahulu. Sampai titik ini, munculah sebuah istilah external cost (biaya yang tidak diperhitungkan oleh mereka yang melakukan pembangunan ekonomi).

Puncaknya adalah pada titik Xm, ini dinamakan dengan maximum sustainable yield (hasil optimum yang dipertahankan sepanjang masa). Tujuannya adalah untuk membatasi pemanfaatan yang berlebihan terhadap sumber alam, mengingat bahwa manusia itu memiliki kecondongan untuk mempercepat pengambilan sumber alam tersebut sebelum jatuh ke tangan penguasa.

Dari titik Xm ini, jika stok (persediaan) sumber daya masih dimanfaatkan secara terus-menerus maka stok  akan terus menurun hingga pada titik S0. Kalau saja hal ini terjadi, pertumbuhan ekonomi akan hancur kerena disebabkan oleh P0 = S0.

Hal-hal penting yang harus diketahui adalah seandainya stok tersebut merupakan jenis sumber daya alam yang bersifat tidak dapat diperbaharui (exhaustible resource), seperti minyak, maka butuh jutaan tahun untuk mengembalikannya. Dan seandainya stok tersebut merupakan jenis sumber alam yang bersifat dapat diperbaharui (renewable resource), seperti kayu, maka butuh puluhan tahun untuk menjadikannya seperti semula.

Adapun itu, Jenis renewable resource masih dapat digunakan terus selama tidak berlebihan. Dengan demikian, pentingnya sebuah pengawasan terhadap sumber daya alam karena alam itu hakekatnya tidak punya kepemilikan, sehingga orang-orang memanfaatkannya tanpa berlandaskan ilmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel