Peranan Sumber Daya Alam

Situs Ekonomi - Dalam istilah sumber daya alam (SDA) dan sumber alam (SA) dipakai bergantian dengan maksud yang sama. Sesuatu yang dapat dianggap sebagai SDA apabila memenuhi tiga syarat: 1) sesuatu itu ada, 2) dapat diambil dan 3) bermanfaat. Semenjak tahun 1930 bahkan sampai sekarang, orang-orang hanya sebatas mengetahui bahwa perkembangan ekonomi suatu negara hanya tergantung pada sedikit banyaknya sumber-sumber alam yang ada di daerah tersebut (Irawan, 2002: 159).

Pengetahuan akan hal ini sepatutnya diubah karena yang pertama tidak sesuai dengan teori ekonomi dan kedua tidak sejalan dengan kenyataan yang ada. Secara teori, adanya sumber alam itu sendiri tidak cukup untuk memberikan perubahan ekonomi, dan juga langkanya sumber alam itu sendiri bukan pula merupakan sebab dan halangan untuk mencapai kemajuan-kemajuan ekonomi.
Peranan SDA
Data yang dilampirkan di atas menjadi bukti yang berbasis kenyataan. Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan SDA, semua orang tahu itu.

Tetapi, hal ini tidak cukup bagi negara seribu pulau (Indonesia) tersebut untuk berkompetisi dengan negara tetangga lainnya, seperti Singapura dan Malaysia terkait dengan angka pendapatan per kapita. Sebagaimana yang telah tertera, bahwa angka pendapatan per kapita Indonesia menyentuh US$ 13.120 pada tahun 2017.

Padahal, di lain sisi Singapura yang terkenal dengan minimnya hasil dari sumber alam, mereka malah berhasil meraup jumlah angka yang sangat fantastis, yaitu US$ 93.680 pada tahun yang sama. Ini merupakan perolehan tertinggi untuk kawasan Asia Tenggara.

Maka oleh sebab itu, tinggi rendahnya pendapatan per kapita dari sebuah negara tidaklah terletak pada tersedianya sumber alam, tetapi terletak pada tingkat penggunaan sumber-sumber daya yang ada (Suparmoko, 2002: 161). Hakekatnya, sebuah negara itu hanya menuntut penghuninya agar lebih kreatif dan tabah dalam menyesuaikan dirinya dengan alam sekitar. Apabila penduduknya telah mengembangkan bakat-bakatnya dan berhasil dalam menyesuaikan dirinya dengan alam sekitarnya secara agresif, maka mereka akan menemukan sumber daya yang dapat dieksploitasi.

0 Response to "Peranan Sumber Daya Alam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel