Perdagangan Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi

Situs Ekonomi - Apabila terdapat pengaturan tata niaga yang mendukung di suatu negara, maka pertumbuhan ekonomi akan terjadi. Sebab, perkembangan sektor industri hanya akan terlaksana jika perdagangan di negara yang bersangkutan memiliki kapasitas yang tinggi.

Perdagangan memungkinkan adanya perluasan alternatif atas barang yang dikonsumsi atau diproduksi oleh sebuah negara. Dengan perdagangan, skala ekonomi yang paling efisien dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya (Irawan, 2002: 349).

Perdagangan

Pencapaian skala ekonomi yang paling optimal dimungkinkan karena adanya perdagangan perluasan pasar. Secara teknis, perdagangan juga memberikan pengaruh positif, di mana inovasi-inovasi teknologi baru akan berkembang. 

Tentunya, suatu negara tidak bisa hanya mengandalkan perdagangan begitu saja. Ini tidak seremeh yang dibayangkan, perdagangan tidak akan berjalan dengan sempurna jika spesialisasinya sangat kurang.

Statement tersebut pastinya sangat menyinggung negara-negara yang terbelakang, seperti Indonesia yang setiap saat mengekspor bahan primer, kendatipun mereka sadar bahwa nilai ekspor bahan primer sangat jatuh di pasar dunia. Minimal berupaya sedikit saja untuk mengobah pola ekspor yang seperti ini, misalnya mengolah bahan-bahan mentah yang ada menjadi barang setengah jadi.

Itulah yang saat ini menjadi kendala di negara terbelakang. Tidak ada spesialisasi yang bisa menjadikan bahan primer menjadi barang sekunder.

Masalah spesialisasi ini tidak akan bisa diatasi apabila negara yang bersangkutan tidak mampu untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimilikinya. Maka dari itu, sulit bagi negara terbelakang untuk memproduksi barang-barang yang paling besar permintaannya di pasaran dunia (Suparmoko, 2002: 350).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel