Problematik Negara Sedang Berkembang

Situs Ekonomi - Semua negara memiliki tujuan yang sama dalam melaksanakan pembangunan ekonomi, yaitu untuk menaikkan pendapatan per kapita. Meskipun masing-masing negara memiliki tujuan yang sama, akan tetapi di balik itu semua ada maksud yang berbeda. Di negara sedang berkembang, banyak aspek yang harus diatasi, seperti tersedianya ketidaksempurnaan pasar, kesenjangan perkembangan dan pengangguran.

Problematik Negara Sedang Berkembang

1. Ketidaksempurnaan Pasar (Market Imperfection)

Salah satu masalah yang kini sedang dihadapi oleh negara sedang berkembang adalah adanya ketidaksempurnaan pasar. Adapun Maksud dari ketidaksempurnaan pasar di sini adalah seperangkat masalah yang menyangkut immobilitas faktor-faktor produksi, harga yang tidak luwes dan kurangnya spesialisasi (Irawan, 2002: 290).

Semua itu merupakan penghambat bagi alokasi faktor-faktor produksi yang optimum. Selama ini, faktor-faktor produksi di negara sedang berkembang tidak dipergunakan dengan baik kerena kurangnya spesialisasi di negara tersebut.

2. Kesenjangan Perkembangan

Sekedar memperbaiki keadaan pasar yang tidak sempurna tersebut rasanya belum lengkap jika tidak dibarengi dengan kesenjangan-kesenjangan yang terus menyelimuti negara sedang berkembang. Mempersempit kesenjangan, baik kesenjangan absolut ataupun kesenjangan relatif (aspek distribusi) merupakan tujuan lainnya dari pembangunan ekonomi.

Lebarnya jurang kesenjangan antara negara sedang berkembang dengan negara maju akhir-akhir ini memang sangat memprihatinkan. Meskipun demikian, untuk menjadikan dolar Amerika sebagai tolok ukur maju tidaknya suatu negara tidaklah tepat.

Menurut Suparmoko (2002: 292), kurs valuta asing pada dasarnya mencerminkan harga barang-barang dan jasa yang masuk ke dalam perdagangan internasional. Jadi sangat tidak tepat jika dikatakan bahwa negara tersebut dikatakan maju bila pendapatan per kapitanya lebih besar dari $300.

Beliau melanjutkan, biasanya barang-barang yang sama jika dikonsumsikan di negara sedang berkembang harganya relatif lebih murah daripada yang digunakan oleh negara maju walaupun barang tersebut masuk ke dalam perdagangan internasional. Maka, dengan cara mengkonversi pendapatan nasional negara sedang berkembang dengan dolar Amerika adalah underestimate.

Memang patut diakui bahwa pendapatan per kapita di negara sedang berkembang tengah dalam kondisi tidak mengenakkan. Maka dari itu penting kiranya menjadikan pendapatan per kapita sebagai index perkembangan karena pendapatan per kapita merupakan petunjuk yang cukup baik bagi struktur ekonomi dan sosial masyarakat (Irawan, 2002: 293).

3. Pengangguran

Di samping itu, masalah lainnya adalah tingkat pengangguran yang tinggi. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya pengangguran adalah:
  1. Banyaknya tenaga kerja yang pindah dari desa ke kota.
  2. Kota tak mampu menampung tenaga kerja karena kurangnya faktor produksi -- terutama kapital -- untuk mengimbangi tenaga kerja yang meningkat jumlahnya itu.

Perpindahan tenaga kerja ini berhubungan dengan push factors (kekuatan yang mendorong) dan pull factors (menarik untuk pindah dari desa ke kota). Push factors berupa terbatasnya kesempatan kerja di desa dan keinginan untuk pindah ditunjang oleh tersedianya transportasi dan pendidikan yang lebih baik. Sedangkan pull factors berupa perkembangan industri di kota-kota yang menyediakan upah jauh lebih tinggi daripada di desa dan kota memberikan lebih banyak kesenangan dibandingkan dengan desa (Suparmoko, 2002: 294).

Meskipun demikian, hal tersebut akan merembes pada tidak meratanya distribusi pendapatan. Justru tujuannya sekarang adalah bagaimana agar trend distribusi pendapatan tersebut dapat merata supaya semakin maju suatu perekonomian.

Oleh karena itu, ketiga poin tersebut memiliki keterkaitan yang erat satu sama lain dalam upaya untuk membangun perekonomian. Sebenarnya masih banyak lagi, seperti iklim tropis, kebudayaan yang tidak ekonomis dan produktivitas yang rendah. Itu semua merupakan penghalang bagi pertumbuhan ekonomi di negara sedang berkembang yang harus diperbaiki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel