Pembangunan yang Spontan

Situs Ekonomi - Ada dua faktor kunci terjadinya perkembangan ekonomi di negara-negara barat, yaitu adanya akumulasi modal dan tersebarnya keterampilan wiraswasta. Sekarang, mari amati bersama bagaimana faktor-faktor kunci tersebut bergerak.

Sekali faktor-faktor perkembangan itu bergerak maka proses perkembangan semakin cepat, begitulah cara mereka berpikir untuk membangkitkan semangat dari keterpurukan ekonomi. Pada awalnya, pertumbuhan ini sangat lambat. Hal ini dikarenakan sukarnya mengubah cara berpikir terutama bagi orang-orang pedalaman (Irawan, 2002: 238).

Pembangunan yang Spontan

Lambat laun, perkembangan yang pesat mulai terjadi di Eropa Barat, tepatnya pada saat revolusi industri pada akhir abad 18. Hal ini ditandai dengan adanya penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi industri dan pertanian.

Kemudian, perkembangan ini semakin menjadi-jadi setelah adanya perbaikan di sektor transportasi. Sektor ini bisa dikatakan pintu kesuksesannya para wiraswasta barat untuk menunjukkan kecakapannya di kanca internasional.

Selang beberapa waktu kemudian, tepatnya pasca Perang Dunia I, kelas wiraswasta ini bagaikan pahlawannya ekonomi Eropa Barat di tengah-tengah terpuruknya kondisi ekonomi saat itu. Naiknya produktivitas dan pendapatan per kapita merupakan hasil perjuangan kelas wiraswasta. Maka dari itu, para ahli ekonomi menganggap bahwa wiraswasta ini adalah elemen dinamis dalam perekonomian, kini telah terbukti.

Setelah kejadian tersebut, konsentrasi pendapatan berada di pihak kelas wiraswasta. Pendapatan yang masuk tidak untuk dikonsumsi tetapi diinvestasikan kembali. Keadaan inilah yang menyebabkan perekonomian di Eropa Barat berkembang dengan pesat.

0 Response to "Pembangunan yang Spontan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel