Syarat-Syarat Umum Perkembangan Ekonomi

Situs Ekonomi - Menurut Baldwin, syarat utama sekaligus pondasinya perkembangan ekonomi adalah adanya kekuatan dari dalam (indegenous forces). Adapun maksudnya adalah kekuatan yang ada dalam diri masyarakat itu sendiri untuk berkembang.

Meier setuju dengan pernyataan yang dilontarkan oleh Baldwin tersebut. Kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar memang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, terutama dari segi penyediaan fasilitas, tetapi kekuatan dari luar hanya merupakan pelengkap saja.

Syarat Perkembangan Ekonomi

Lagi pula, bantuan luar negeri yang berupa investasi asing akan cenderung dimanfaatkan modalnya ke arah sumber-sumber alam untuk pasar dunia. Dengan demikian, belum tentu hal ini menguntungkan rakyat setempat (Irawan, 2002: 260).

Selain itu, Baldwin juga mengomentari tentang ketidaksempurnaan pasar (market imperfections). Baginya, hal tersebut sangat membatasi syarat lainnya yang juga harus dipenuhi, yaitu mobilitas faktor-faktor produksi. Selama adanya ketidaksempurnaan pasar, maka mobilitas faktor-faktor produksi cenderung digunakan ke hal-hal yang kurang produktif.

Mengenai hal ini, Meier menyarankan agar market imperfection harus ditiadakan, sehingga faktor-faktor produksi dapat digunakan sepenuhnya. Schulz melanjutkan bahwa dengan dihilangkannya ketidaksempurnaan pasar, maka perekonomian menjadi makin luas.

Hasilnya, alokasi sumber-sumber ekonomi makin efisien serta mendorong ekspor-impor makin cepat dan luas. Adapun cara untuk mengatasinya adalah antara lain dengan mengganti bentuk-bentuk organisasi sosial dan ekonomi, memberikan kesempatan-kesempatan untuk menaikkan produktivitas pada tingkat teknik yang ada.

Di samping itu, keadaan monopoli harus dikurangi dan pasar kapital diperluas. Demikian pula fasilitas-fasilitas kredit agar dipermudah bagi petani-petani dan pedagang-pedagang kecil (Suparmoko, 2002: 261).

Schulz mencoba untuk menyimpulkan pendapat keduanya (Baldwin dan Meier) bahwasanya untuk perkembangan ekonomi tidak cukup hanya mengatasi kerusakan-kerusakan yang ada, terutama bagi negara-negara sedang berkembang. Maka dari itu, perlu adanya tiga hal, yaitu a) meningkatkan jumlah barang kapital, b) memperbaiki kualitas penduduk sebagai produsen dan c) menambah tingkat usaha produktif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel