Tahap-tahap Perkembangan Ekonomi

Situs Ekonomi - Teori ini muncul pada abad ke-19 di Jerman ketika menanggapi persaingan ekonomi di Inggirs. Sebenarnya banyak teori-teori seperti ini yang dikemukakan oleh para ekonom. Namun, dari teori-teori tersebut ada tiga teori yang paling menarik perhatian para ekonom dewasa ini, yaitu Frederich List, Bruno Hildebrand dan Karl Bucher.

Tahap-tahap Perkembangan Ekonomi

1. Frederich List

Frederich adalah salah seorang pakar ekonomi yang menganut pemahaman Laissez-faire atau juga disebut dengan paham liberalisme. Pemahaman ini beranggapan bahwa perkembangan ekonomi hanya terjadi apabila dalam masyarakat terdapat kebebasan dalam organisasi politik dan kebebasan perseorangan.

Frederich sendiri memiliki teori terkait lahan industri dan pertanian tergantung pada hawa setempat. Apabila hawanya sedang maka cocok untuk dijadikan area industri dan jika daerahnya tropis cocok untuk pertanian.

Menurut Frederich, umumnya apabila hawa di negara tersebut adalah sedang, maka kepadatan penduduknya juga sedang. Berdasarkan dari sudut pandang itulah Frederich mulai berasumsi, jika kepadatan penduduknya sedang, maka lahan yang tersedia cukup luas untuk dijadikan daerah perindustrian. Sedangkan daerah yang tropis, menurutnya adalah penduduk di daerah tersebut umumnya sangat banyak dan sektor pertanian belum begitu efisien serta persediaan sumber-sumber alam sangat sedikit, sehingga tepat sekali untuk berkonsentrasi di sektor pertanian.

2. Bruno Hildebrand

Meskipun Frederich List merupakan seorang tokoh yang amat besar dalam dunia ilmu ekonomi, tetapi kritikan tidak luput darinya. Sebagai pihak oposisi, Hildebrand tidak ragu-ragu untuk membantah pernyataan Frederich tersebut bahwa perkembangan ekonomi bukan dilihat dari sifat-sifat produksi atau konsumsinya melainkan lebih pada metode distribusi yang digunakan. Hal ini berdasarkan pengalaman-pengalaman yang terdapat di Inggris.

3. Karl Bucher

Setelah melihat perselisihan tersebut, Bucher mencoba untuk mensintesiskan pendapat Frederich dan Hildebrand. Menurut Bucher, ada tiga tingkatan yang harus dilalui agar terjadinya perkembangan ekonomi, yaitu a) produksi untuk kebutuhan sendiri, b) produksi untuk kebutuhan kota dan c) produksi untuk kebutuhan nasional.

Dari penjelasan tersebut terlihat jelas pentingnya peran pedagang-pedagang, di mana barang-barang itu diproduksi untuk pasar. Kesimpulan yang diutarakan oleh Bucher ini merupakan hasil dari cermatannya pada saat evolusi Jerman.

0 Response to "Tahap-tahap Perkembangan Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel