Lepas Landas: Masuknya Era Teknik Produksi Modern

Situs Ekonomi - Bab ini menceritakan tentang salah satu dari tahapan perkembangan ekonomi. Teori ini diplopori oleh W.W. Rostow. Tokoh yang sedang dibahas ini merupakan musuh besar kaum komunis. Selain itu, beliau juga memiliki peran besar dalam pembentukan kebijakan Amerika Serikat di Asia Tenggara selama tahun 1960.

Mengenai tahap lepas landas ini, Rostow mengatakan, "Tahap ini pada pokoknya merupakan tercapainya perkembangan pesat pada sektor-sektor tertentu yang telah menggunakan teknik produksi yang modern." Berdasarkan sejarah, sektor yang paling maju dalam lepas landas adalah tekstil di Inggris, kereta api di Amerika, Perancis, Jerman, Kanada, Swedia dan Rusia (Irawan, 2002: 227).

Lepas Landas

Adapun perbedaan antara tahap ini dan tahap-tahap sebelumnya (masyarakat tradisional dan prasyarat lepas landas) ialah bahwa dalam tahap ini pengetrapan teknik-teknik baru dalam industri dapat berjalan dengan sendirinya. Pada tahap masyarakat tradisional dan prasyarat lepas landas (precondition for take-off) sebenarnya sudah ada industri-industri, tetapi masih belum dapat berjalan lancar.

Dengan demikian, untuk bisa mencapai ke level selanjutnya, yakni tahap lepas landas, maka butuh adanya dorongan-dorongan dari pemerintah yang tidak hanya fokus pada sektor fasilitas prasarana umum, pertanian dan perdagangan saja. Meskipun sektor-sektor tersebut merupakan bagian penting untuk menunjang perkembangan industri secara terus-menerus, akan tetapi ketika sedang membicarakan tahap lepas landas ini ketiga sektor tersebut tidak akan berarti jika tidak dilengkapi dengan adanya sokongan terhadap golongan wiraswasta. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada kemampuan masyarakat untuk meningkatkan investasinya, paling tidak mempertahankan investasinya sebesar 10 persen per tahun.

Secara keseluruhan, tahap lepas landas ini telah memodernisasi perekonomian atas masyarakat tradisional. Dalam tanda kutip, hal ini bukan berarti suatu pengrusakan terhadap masyarakat tradisional melainkan berupa suatu keadaan yang saling menyesuaikan diri. Selanjutnya, perkembangan ini akan mendorong masyarakat untuk memusatkan perhatiannya pada usaha-usaha teknik modern di luar sektor-sektor yang telah dimodernisasi selama lepas landas.

0 Response to "Lepas Landas: Masuknya Era Teknik Produksi Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel