Timbulnya Pengertian Substitusi Impor

Situs Ekonomi - Dewasa ini, peran pemerintah di negara sedang berkembang jauh lebih aktif daripada di negara maju dalam melaksanakan pembangunan ekonomi negaranya. Pemerintah di negara sedang berkembang dari jauh-jauh hari telah bertekad untuk memajukan industrialisasi (Irawan, 2002: 365).

Oleh sebab itu, dapatlah dikatakan bahwa pembangunan ekonomi di negara sedang berkembang dengan industrialisasi sudah menjadi sebuah strategi pembangunan ekonomi. Melalui cara seperti inilah meraka yakin akan dapat menaikkan taraf hidup masyarakatnya.

Pengertian Substitusi Impor

Akhir-akhir ini, negara sedang berkembang sering menggunakan dua cara untuk mendorong industrialisasi, yakni substitusi impor dan diversifikasi ekspor. Adapun maksud dan tujuan dari substitusi impor adalah untuk memperbanyak barang-barang baru yang semula diimpor. Sedangkan diversifikasi ekspor memiliki maksud untuk memberbanyak macam barang yang dapat diekspor (Suparmoko, 2002: 366).

Terkait dengan pembangunan ekonomi, pastinya membutuhkan kapital yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan negara sedang berkembang tidak memiliki kemampuan untuk merakit alat-alat kapital tersebut. Dengan demikian, mau tidak mau harus diimpor dari negara-negara yang telah maju industrinya. Sementara impor itu sendiri harus mengorbankan valuta asing (devisa) dalam jumlah yang banyak.

Kesulitan-kesulitan seperti ini hanya akan dapat diatasi apabila tersedianya pasar dalam negeri. Adanya pasar tersebut, industri substitusi impor akan berkembang lebih cepat apalagi jika ditopang oleh suatu proteksi, sehingga perkembangan industri tadi akan menghemat penggunaan devisa. Kemudian, devisa yang dihemat tersebut dapat digunakan lebih lanjut untuk mengimpor barang-barang kapital yang belum dapat segera dihasilkan sendiri.

Selanjutnya, apabila indsustri substitusi impor itu telah berdiri sendiri, maka kelebihan hasil produksi dapat diekspor guna memperoleh tambahan devisa. Jadi, industri substitusi impor pada permulaannya dapat menghemat pemakaian devisa dan pada perkembangan selanjutnya dapat menghasilkan devisa (Irawan, 2002: 371).

0 Response to "Timbulnya Pengertian Substitusi Impor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel