Beberapa Bentuk Kurva LRAC

Situs Ekonomi - Sifat skala ekonomi dan skala tidak ekonomi dari kegiatan berbagai perusahaan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan jumlah perusahaan di suatu industri. Keadaan ini juga akan mempengaruhi bentuk kurva biaya total rata-rata jangka panjang yang dihadapi oleh setiap perusahaan. Secara kasar dapat dibedakan tiga bentuk kurva LRAC (Long Run Average Cost) sebagaimana yang akan dipampangkan berikut ini (Sukirno, 1994: 223).

Kurva LRAC
Beberapa Kemungkinan Kapasitas Pabrik dan Kurva LRAC

Pada grafik (i) kurva LRAC sangat cepat penurunannya, tetapi ia sangat cepat pula mengalami kenaikan. Ini berarti kenaikan produksi yang sedikit saja telah menimbulkan skala ekonomi yang sangat menguntungkan, tetapi pada tingkat produksi yang relatif rendah, skala tidak ekonomi sudah mulai terlihat. Industri yang LRAC-nya berbentuk demikian pada umumnya terdiri dari banyak perusahaan, dan masing-masing perusahaan tersebut berukuran kecil.

Sedangkan pada grafik (ii), pada permulaannya skala ekonomi juga sangat menguntungkan, tetapi ia juga tidak berlangsung lama karena diikuti oleh kurva LRAC yang datar setelahnya. Hal ini mengindikasikan bahwa pada mulanya skala tidak ekonomi belum lagi menguasai kegiatan perusahaan.

Mulai berlakunya skala tidak ekonomi ditunjukkan oleh tingkat produksi yang tinggi. Industri yang mempunyai kurva LRAC yang berbentuk demikian terdiri dari beberapa perusahaan besar dan beberapa perusahaan kecil. Jadi, besarnya perusahaan-perusahaan dalam industri tersebut tidak seragam meskipun jumlahnya relatif besar.

Kemudian, apabila kurva LRAC seperti yang ditunjukkan pada grafik (iii), maka industri biasanya terdiri dari perusahaan-perusahaan yang sangat besar ukurannya, dan jumlah perusahaan dalam industri tersebut relatif sedikit. Dengan kata lain, hanya ada beberapa perusahaan saja yang terdapat pada industri tersebut. Hal ini dapat terjadi karena skala ekonomi tetap wujud hingga ke jumlah produksi yang sangat banyak.

0 Response to "Beberapa Bentuk Kurva LRAC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel