Cara Menghitung Biaya Marjinal

Situs Ekonomi - Kenaikan biaya produksi yang dikeluarkan untuk menambah produksi sebanyak satu unit dinamakan biaya marjinal. Dengan demikian, berdasarkan pada definisi ini, biaya marjinal dapat dicari dengan menggunakan rumus:

MCn = TCn - TCn-1

Di mana:

MCn : biaya marjinal produksi ke-n.
TCn : biaya total pada waktu jumlah produksi adalah n.
TCn-1 : biaya total pada waktu jumlah produksi adalah n-1.

Biaya Produksi dalam Jangka Pendek (Rp Ribu)
Biaya Marjinal

Sebagai contoh, perhatikan tabel di atas, sekarang kita misalkan jumlah tenaga kerja bertambah dari 2 menjadi 3 orang. Dapat dilihat bahwa produksi bertambah dari 6 menjadi 12 unit (bertambah sebanyak 6 unit) dan biaya produksi meningkat sebesar Rp 50.000, atau tepatnya dari Rp 150.000 menjadi Rp 200.000. Dengan demikian, biaya marjinalnya adalah Rp 50.000/6 unit = Rp 8.333.

Menurut Sukirno (1994: 212), "Adakalanya persamaan di atas kurang praktis untuk menghitung biaya marjinal." Jika saja cara perhitungan tersebut tidak dapat digunakan, maka kita masih punya alternatif lain, yaitu:

MCn = ΔTC/ΔQ

Di mana:

MCn : biaya produksi ke-n.
ΔTC : pertambahan jumlah biaya total.
ΔQ : pertambahan jumlah produksi.

Berikut ini ditunjukkan satu contoh lain untuk menghitung biaya marjinal. Perhatikan kenaikan produksi dan biaya produksi pada saat tenaga kerja ditambah dari 5 menjadi 6 orang. Ternyata, produksi naik sebanyak 6 unit, yaitu dari 27 menjadi 33 unit, dan biaya produksi naik sebesar Rp 50.000, persisnya dari Rp 300.000 menjadi Rp 350.000. Dengan demikian, besarnya biaya marjinal adalah:

Rumus Biaya Marjinal

0 Response to "Cara Menghitung Biaya Marjinal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel