Dua Kasus Perubahan Penawaran

Perubahan Penawaran
Efek Perubahan Penawaran

Situs Ekonomi - Gambar tersebut memperlihatkan kepada kita dua kasus yang menerangkan akibat dari perubahan penawaran terhadap harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan. Kemudian, kita juga dapat melihat di mana kurva penawaran bergeser ke arah kiri dan pergeserannya sama besar (Sukirno, 1994: 104).

Jika kita mengkajinya lebih dalam lagi, maka di sana terdapat dua kasus yang berbeda; (i) kurva permintaan landai dan (ii) kurva permintaan curam. Perbedaan yang samar-samar di antara kedua kasus ini ternyata menimbulkan akibat yang berbeda terhadap perubahan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan, walaupun bentuk kurva penawarannya sama.

Pada kasus kurva permintaan landai, mulanya kurva penawaran adalah SS dan kurva permintaan adalah DD. Maka, keseimbangan yang terjadi berada di titik E.

Berikutnya, harga (P) dan jumlah barang yang tersedia (Q) memberikan perubahan yang teratur sesuai dengan pergeseran kurva. Apabila penawaran berkurang, yaitu kurvanya bergeser dari SS menjadi S1S1, maka keadaan keseimbangan yang baru ditunjukkan oleh titik E1. Dengan demikian, pergeseran kurva penawaran menyebabkan harga naik dari P ke P1 dan jumlah barang yang diperjualbelikan berkurang dari Q menjadi Q1 (Sukirno, 1994: 105).

Sedangkan pada kasus kurva permintaan curam, perubahan yang berlaku juga sama sifatnya dengan kurva permintaan landai, yaitu pergeseran kurva penawaran dari SS menjadi S1S1  menyebabkan keseimbangan pindah dari E ke titik E1. Perpindahan ini berarti harga naik dari P ke P1 dan jumlah yang diperjualbelikan berkurang dari Q menjadi Q1.

Namun demikian, kalau dibandingkan perubahan pada kasus kurva permintaan curam dengan perubahan pada kasus kurva permintaan landai, dengan nyata dapat dilihat bahwa pergeseran pada penawaran menimbulkan akibat yang berbeda terhadap perubahan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan. Secara umum, kita dapat mengemukakan dua kesimpulan berikut:
  • Apabila permintaan agak datar bentuknya (landai), setiap pergeseran kurva penawaran akan menimbulkan perubahan harga yang sedikit, tetapi perubahan jumlah yang diperjualbelikan cukup besar.
  • Apabila permintaan yang bentuknya menurun dengan curam, setiap pergeseran ke atas yang ditunjukkan oleh kurva penawaran akan mengimplikasikan perubahan harga yang besar, tetapi perubahan jumlah yang diperjualbelikan relatif kecil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel