Masalah Pertumbuhan Ekonomi yang Tidak Teguh

Situs Ekonomi - Dari satu periode ke satu periode yang lainnya, faktor-faktor produksi akan bertamabah dan teknologi terus saja berkembang. Bagaimana perubahan ini akan mempengaruhi kurva kemungkinan produksi, di mana kurva tersebut menjadi semakin menjauh dari titik 0 (Sukirno, 1994: 63).

Pertumbuhan Ekonomi yang Tidak Teguh
Masalah Keteguhan Pertumbuhan Ekonomi

Pada gambar tersebut dimisalkan bahwa pada mulanya kurva kemungkinan produksi adalah AB. Pertambahan faktor-faktor produksi dan perkembangan teknologi memindahkan kurva tersebut menjadi PQ. Perubahan ini mengindikasikan bahwa perekonomian pada masa ini dapat memproduksi barang lebih banyak dari periode sebelumnya.

Dalam perekonomian, keadaan yang paling ideal adalah: mencapai tingkat kesempatan kerja penuh dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan bahasa yang berbeda, setiap perekonomian selalu mengharapkan agar tingkat pertumbuhan ekonomi senantiasa teguh, sehingga penggunaan tenaga kerja dan faktor-faktor produksi lain secara sepenuhnya akan selalu dicapai dari satu periode ke periode lainnya.

Gambar tersebut juga menerangkan kepada kita bahwa keadaan yang ideal ini diumpamakan sebagai pergerakan dari satu titik pada kurva AB ke satu titik pada kurva PQ. Keadaan seperti itu antara lain ditunjukkan oleh pergerakan dari titik R ke titik S.

Sukirno (1994: 64) menjelaskan, "Keadaan yang ideal di atas tidak selalu akan tercapai dalam perekonomian. Sering kali pada mulanya perekonomian telah menghadapi masalah pengangguran dan dalam jangka panjang masalah ini tidak dapat diatasi dan adakalanya masalah tersebut menjadi semakin buruk."

Keadaan seperti ini berarti (i) pada mulanya tingkat produksi masyarakat belum mencapai tingkat maksimum dan (ii) dalam periode selanjutnya tingkat produksi masyarakat tetap tidak mencapai keadaan yang ideal tersebut. Pergerakan dari titik C menjadi titik D mengilustrasikan bahwa pertumbuhan kegiatan ekonomi yang kepesatannya berada di bawah pertambahan kemampuan faktor-faktor produksi dan teknologi untuk menaikkan produksi dalam jangka panjang.

Dengan demikian, pergerakan dari titik C menuju ke titik D menggambarkan pertumbuhan ekonomi yang tidak teguh. Pertumbuhan yang teguh dapat dicapai apabila tingkat produksi berubah dari titik C ke titik S atau titik lain pada kurva PQ.

0 Response to "Masalah Pertumbuhan Ekonomi yang Tidak Teguh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel