Peta Kurva Kepuasan Sama

Kurva Kepuasan Sama
Peta Kurva Kepuasan Sama

Situs Ekonomi - Kumpulan kurva kepuasan sama akan memberi gambaran lebih lengkap mengenai keinginan seorang konsumen untuk mengkonsumsi dua barang yang memberi kepuasan maksimum kepadanya (Sukirno, 1994: 172). Pada gambar tersebut terlihat yang mana seorang konsumen mengkonsumsi makanan dan pakaian secara bersamaan.

Perlu juga diketahui bahwa setiap kurva kepuasan sama menggambarkan suatu tingkat kepuasan tertentu. Kurva yang lebih tinggi mengindikasikan tingkat kepuasan yang lebih besar dari kurva yang berada di bawahnya.

Dengan demikian, U1, U2, U3 dan U4 masing-masing memperlihatkan suatu tingkat kepuasan tertentu. Sedangkan tingkat kepuasan yang diperlihatkan oleh U4 lebih besar dibandingkan dengan kurva-kurva lain.

Demikian pula apa yang tergambarkan oleh U3, yaitu lebih besar daripada yang digambarkan oleh U2 dan U1. Terus berlanjut sebagaimana U2 juga lebih besar daripada yang digambarkan oleh U1. Sepertinya, ini tidak terlalu sukar untuk membuktikannya, di mana setiap kurva kepuasan sama yang lebih tinggi mengilustrasikan tingkat kepuasan yang lebih besar.

Sekarang, Sukirno (1994: 173) mengajak kita semua untuk memberikan satu titik saja pada kurva kepuasan sama tersebut. Kemudian, perhatikanlah gabungan jumlah barang yang digambarkan oleh titik tersebut. 

Setelahnya, jangan lupa membandingkan gabungan tersebut dengan gabungan jumlah barang yang dapat dikonsumsikan, sebagaimana yang ditunjukkan oleh kurva yang di bawah atau di atas kurva yang pertama tadi. Maka tanpa disadari, kita akan memperoleh kesimpulan berikut:
  1. Gabungan yang digambarkan oleh kurva yang berada di bawah kurva yang pertama lebih sedikit jumlahnya. Ini berarti kepuasan yang diperoleh lebih kecil.
  2. Gabungan yang digambarkan oleh kurva yang berada di atas kurva yang pertama lebih banyak jumlahnya. Maka kepuasan dari mengkonsumsinya juga lebih banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel