Sumber-sumber Kenaikan Produktivitas

Situs Ekonomi - Produktivitas dapat didefinisikan sebagai produksi yang diciptakan oleh seorang pekerja pada suatu waktu tertentu. Kenaikan produktivitas berarti pekerja itu dapat menghasilkan lebih banyak barang pada jangka waktu yang sama, atau suatu tingkat produksi tertentu dapat dihasilkan dalam waktu yang lebih singkat (Sukirno, 1994: 353). Kenaikan produktivitas disebabkan oleh beberapa faktor, yang terpenting adalah:
  • Kemajuan teknologi memproduksi.
  • Perbaikan sifat-sifat tenaga kerja.
  • Perbaikan dalam organisasi perusahaan dan masyarakat.
Sumber-sumber Kenaikan Produktivitas

Kemajuan Teknologi Memproduksi

Sukirno (1994: 354) mengatakan bahwa kemajuan teknologi menimbulkan dua akibat penting terhadap kegiatan memproduksi dan produktivitas. Pertama, kemajuan teknologi memungkinkan penggantian kegiatan ekonomi dari memanfaatkan tenaga binatang dan manusia menjadi tenaga mesin.

Umumnya, dalam suatu perekonomian yang belum berkembang, kegiatan mengerjakan tanah dan mengangkut barang kebanyakan dilakukan oleh tenaga manusia dan binatang. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka dapat dipastikan bahwa tenaga manusia dan binatang sudah tidak lagi dibutuhkan. Pada akhirnya, penggantian ini akan mempertinggi tingkat produktivitas.

Sebagai contoh, penggantian kereta lembu dengan kereta api, penggantian ini berdampak positif terhadap produktivitas di sektor pengangkutan. Kedua, kemajuan teknologi memperbaiki mutu dan kemampuan mesin-mesin yang digunakan.

Dalam perekonomian modern setiap perusahaan selalu berusaha mengembangkan teknologi. Untuk memastikan agar mereka selalu dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain, mereka selalu berusaha mengembangkan teknologi dan melakukan inovasi. Salah satu tujuannya ialah untuk memperbaiki efisiensi memproduksi, dan ini akan meninggikan produktivitas kegiatan memproduksi.

Perbaikan Sifat-sifat Tenaga Kerja

Kemajuan ekonomi menimbulkan beberapa akibat yang pada gilirannya meninggikan kepandaian dan keterampilan tenaga kerja. Kemajuan ekonomi ini mampu mempertinggikan taraf kesehatan masyarakat, taraf pendidikan dan latihan teknik serta menambah pengalaman kerja.

Faktor-faktor ini besar sekali peranannya dalam mendongkrak produktivitas tenaga kerja. Berdasarkan pada efek positif yang diperoleh dari perbaikan taraf kesehatan, taraf pendidikan, dan taraf keterampilan dalam kegiatan memproduksi, pengeluaran pemerintah di dalam bidang tersebut selalu digalakkan dan dikembangkan. Pengeluaran pemerintah dalam bidang ini dinamakan investasi modal manusia.

Perbaikan dalam Organisasi Perusahaan dan Masyarakat

Dalam perekonomian yang mengalami kemajuan, bentuk manajemen perusahaan mengalami perubahan. Pada mulanya, pemilik termasuk pimpinan dari perusahaan yang didirikannya.

Tetapi, semakin maju perekonomian, semakin banyak perusahaan yang diserahkan kepada manajer profesional. Dengan terjadinya perubahan ini, organisasi perusahan kemudian diperbaiki, dan diselenggarakan menurut cara-cara manajemen yang modern. Langkah seperti itu juga dapat meningkatkan level produktivitas.

Produktivitas juga menjadi bertambah tinggi sebagai akibat dari campur tangan pemerintah dalam hal penyediaan infrastruktur, seperti jaringan jalan raya, pelabuhan dan jaringan telekomunikasi. Upaya-upaya ini nantinya dapat merangsang kegiatan ekonomi dan perusahaan. Tersedianya peraturan yang menjamin persaingan seperti ini, atau peraturan yang dapat menyederhanakan pendirian badan usaha dan berbagai peraturan pendukung lainnya secara tidak langsung memberi sumbangan yang penting guna menggenjot efisiensi dan produktivitas kegiatan perusahaan.

0 Response to "Sumber-sumber Kenaikan Produktivitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel