Bisnis Internet: Fase-fase Sebelum Go Public

Situs Ekonomi - Hampir setiap bisnis Internet baru akhirnya harus memperoleh pendanaan lebih jauh untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi. Wirausahawan harus memastikan gaji-gaji dapat terbayar, infrastruktur dipelihara, dan usaha-usaha pemasaran dilanjutkan (Daft, 2006: 280).

Bisnis Internet

Selain itu, seiring pertumbuhan perusahaan, mungkin akan timbul kebutuhan untuk menambah staf, mengembangkan ruangan kantor, atau membeli peranti keras dan lunak untuk mendukung pertumbuhan. Sumber pendanaan yang paling nyata pada tahap ini adalah modal ventura.

Perusahaan-perusahaan pemodal ventura adalah kelompok-kelompok yang terdiri atas perusahaan atau individu-individu yang menginvestasikan uang sebagai penukar untuk mendapatkan bagian dalam perusahaan. Sebagai contoh, sumber terbesar untuk pendanaan perusahaan-perusahaan Internet baru di tahun 1999 adalah Softbank Venture Capital (Kagle, 2000).

Sebuah sumber lain dari modal ventura adalah korporasi-korporasi besar yang ingin memainkan peran aktif dalam pemunculan ekonomi Internet. Perusahaan-perusahaan seperti Microsoft, Cisco Systems, dan Intel telah menginvestasikan jumlah yang sangat besar sebagai penukar bagian dalam perusahaan-perusahaan Internet baru.

Banyak perusahaan baru membentuk sebuah dewan direktur untuk memberi rasa stabilitas dan ketetapan agar dapat bergerak ke tingkat selanjutnya. Dewan direktur dapat membantu perusahaan tetap fokus pada isu-isu inti yang akan membawa pada keberhasilan (Golden, 2000).

Peran lain dari dewan adalah membantu sebuah perusahaan baru menciptakan aliansi dengan perusahaan-perusahaan lain. Rekanan untuk perusahaan Internet baru biasanya ada dua jenis (Lea, 2000).

Perusahaan baru yang terutama membutuhkan pemaparan dan bantuan pemasaran akan mencari rekanan sebuah perusahaan yang lebih besar dan mapan yang dapat membantu perusahaan yang lebih kecil mendapat kesadaran pasar secara cepat. Jenis yang kedua melibatkan hubungan rekanan dengan sebuah perusahaan yang membantu dalam operasi-operasi aktual seperti pelayanan pelanggan, logistik, atau pergudangan dan pengiriman, serta melibatkan hubungan elektronik di antara rekanan.

Perusahaan dapat mengeluarkan beberapa fungsi untuk fokus pada isu-isu strategis inti. Shoebuy.com mengembangkan aliansi-aliansi strategi dengan beberapa situs belanja Internet yang mapan dan para e-tailer (penjual ritel di Internet) untuk menjaga biaya-biaya pemasarannya tetap rendah. Selain itu, seluruh konsep Shoebuy didasarkan pada hubungan rekanan dekat dengan para pembuat sepatu yang bersedia mengirimkan sepatu-sepatu langsung kepada para pelanggan Shoebuy dari gudang-gudang mereka (Daft, 2006: 281).

Langkah final dalam proses pendirian perusahaan baru seringkali adalah penawaran awal kepada publik (initial public offering -- IPO), di mana saham dari perusahaan baru tersebut dijual kepada publik. Mimpi dari banyak wirausahawan Internet adalah tumbuh dengan cepat, go public, dan menjadi kaya jika harga saham meningkat.

Meskipun mimpi "menjadi kaya dengan cepat" telah memudar, tujuan dari sebagian besar wirausahawan Internet adalah -- pada akhirnya -- membawa perusahaan ke publik dan menjadi sebuah korporasi daripada tetap menjadi perusahaan perorangan atau rekanan. Selama tahap ini, wirausahawan mulai mewawancarai para bankir yang tertarik dalam menjalankan IPO dan membentuk sebuah tim yang terdiri atas bankir, pengacara, dan penasihat lainnya yang dapat mengarahkan perusahaan melalui proses tersebut. Kemudian, uang yang didapat dari investor publik dapat membantu menumbuhkan bisnis lebih jauh dan menjadi mapan serta mantap dalam pasar (Daft, 2006: 282).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel