Manajemen dan Lingkungan Kerja Baru

Situs Ekonomi - Dunia organisasi dan manajemen sedang berubah. Perubahan lingkungan yang cepat menyebabkan transformasi mendasar yang menimbulkan pengaruh dramatis terhadap pekerjaan manajer (Daft, 2006: 31).

Lingkungan Kerja Baru

Karakteristik utama dari lingkungan kerja baru terpusat pada bit dan bukan atom, yaitu lebih pada informasi dan ide daripada mesin dan aktiva fisik. Pergeseran dari abad industri menjadi informasi telah mengubah sifat pekerjaan, karyawan dan tempat kerja itu sendiri. Sementara tempat kerja lama bercirikan tugas rutin yang spesifik dan prosedur kontrol yang standar (Daft, 2006: 32).

Karyawan umumnya melakukan pekerjaan di salah satu fasilitas perusahaan, seperti pada pabrik mobil yang berlokasi di Detroit atau agen asuransi di Des Moines. Organisasi dikoordinasikan dan dikendalikan melalui hierarki vertikal, di mana otoritas pengambil keputusan bersebelahan dengan manajer tingkat atas.

Sebaliknya, pada tempat kerja yang baru, pekerjaan mengalir dengan bebas dan fleksibel. Pergantian yang paling jelas adalah terletak di organisasi e-commerce yang harus memberikan respons terhadap perubahan pasar dan kompetisi dalam hitungan detik.

Namun demikian, seluruh organisasi menghadapi kebutuhan untuk kecepatan dan fleksibilitas yang lebih besar. Karyawan yang diberdayakan diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan menyelesaikan masalah ketika baru terjadi.

Tempat kerja diorganisasikan dalam bentuk jaringan, bukan dalam bentuk hierarki yang kaku, dan seringkali pekerjaan bersifat "maya" (virtual). Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang modern, para karyawan dapat melakukan pekerjaan dari rumah atau dari lokasi yang jauh, kapan saja, baik siang hari ataupun malam.

Jam yang fleksibel, telekomuting dan tim maya merupakan cara bekerja yang semakin populer dewasa ini, hanya saja yang diperlukan adalah keterampilan baru dari manajer. Diperkirakan terdapat sembilan juta orang yang melakukan telekomuting di Amerika Serikat (AS) dan jumlah ini akan meningkat terus selama lima tahun mendatang. AT&T -- yang merupakan perusahaan internasional dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San Antonio, Texas, AS -- memiliki 7.500 orang pekerja yang terus "bergerak" (mobile).

Tim di dalam organisasi saat ini juga melibatkan kontraktor, pemasok, pelanggan, pesaing dan agen bebas dari luar yang tidak berafiliasi dengan organisasi tertentu, namun tetap saja bekerja menurut proyek-proyek yang terpisah. Pekerja yang dihargai adalah pekerja yang dengan cepat belajar, membagi pengetahuan dan nyaman dengan risiko perubahan dan ambiguitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel