Pahlawan: Elemen Utama dalam Budaya Perusahaan

Situs Ekonomi - Seorang pahlawan (hero) adalah figur orang yang menjadi contoh atas tujuan karakter, dan atribut dari sebuah budaya yang kuat. Pahlawan merupakan model peran untuk diikuti oleh para karyawan (Daft, 2006: 128).

Pahlawan Perusahaan

Beberapa pahlawan merupakan orang nyata, seperti Lee Iacocca yang membuktikan dirinya bekerja dengan upah $1 per tahun ketika pertama kali pindah ke Chrysler. Beberapa lainnya merupakan simbol semata, seperti cerita fiktif tentang seorang tenaga penjual di Robinson Jewelers yang mengantarkan cincin perkawinan langsung ke gereja karena cincin tersebut terlambat dipesan.

Tujuan seorang pahlawan bukanlah sesuatu yang biasa, namun bukan berarti tidak dapat digapai oleh karyawan lain. Para pahlawan menunjukkan bagaimana melakukan hal yang baik di dalam perusahaan. Perusahaan dengan budaya yang kuat mengambil keuntungan dari pencapaian ini untuk menunjukkan pahlawan yang memiliki nilai-nilai utama.

Di Minnesota Mining and Manufacturing (3M), para manajer puncak tetap mempertahankan para pahlawan yang mengembangkan proyek yang dibatalkan oleh manajemen puncak. Seorang pahlawan adalah seorang wakil presiden yang sebelumnya dipecat dari jabatannya karena bersikeras dengan sebuah produk baru, meskipun sang atasan telah mengatakan kepadanya, "Ini adalah ide yang bodoh. Berhentilah saja!"

Setelah pekerja tersebut dipecat, ia tidak langsung pergi. Ia tetap berada di kantor yang tidak digunakan, bekerja tanpa gaji dengan mengembangkan ide produk baru itu.

Akhirnya, ia dipekerjakan kembali karena ide tersebut berhasil, kemudian dipromosikan menjadi wakil presiden. Pelajaran dari pahlawan ini adalah mempertahankan hal yang Anda yakin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel