SRC Holdings Corporation: Mengubah Kehidupan dengan Mengubah Bisnis

Situs Ekonomi - Jack Stack dan dua belas manajer lain dari International Harvester mengawali Springfield Remanufacturing Corporation dari nol pada tahun 1983. Perusahaan tersebut masih berdiri hingga saat ini, namun telah menjadi bagian dari SRC Holdings Corporation, sebuah grup usaha yang membawahi 22 perusahaan semi otonom, yang terletak di Springfield, daerah Missouri.

Merayakan Pencapaian Penjualan $100 Juta
Sumber: SRC Holdings Corporation

Stack, CEO SRC Holdings, telah mendirikan perusahaan yang sangat sukses ini dengan menyentuh keinginan universal setiap orang untuk menang. Filosofi dari Stack adalah memberikan tiap orang kesempatan untuk menyuarakan pendapatnya atas cara perusahaan dijalankan dan saham terhadap hasil keuangan, baik ataupun buruk.

SRC melibatkan setiap orang dalam proses perencanaan dan menggunakan sistem bonus berdasarkan pemenuhan target yang telah ditetapkan. Manajer puncak bertemu dengan manajer tingkat menengah, pengawas, dan karyawan lini depan di setiap divisi untuk mengembangkan dan mengajukan rencana jangka panjang mereka.

Jika rencana manajer di luar kapasitas pabrik, maka pekerja boleh menyarankan alternatif yang memungkinkan. Saat para menajer mempresentasikan rencana mereka ke pejabat eksekutif, setiap orang di tiap divisi telah memberikan pendapatnya, sehingga para pekerja merasa adanya kepemilikan atas rencana yang disusun.

Setiap usaha SRC memperlihatkan dengan jelas kinerja keuangan dan produksi mereka, seluruh karyawan dapat langsung membandingkan kinerja mereka dengan rencana yang telah dibuat. Semua karyawan berkumpul setidaknya setiap minggu, mengelilingi grafik berukuran lukisan dinding di kantin karyawan untuk membicarakan angka-angka dan apa yang harus dilakukan untuk memenuhi target.

Karyawan menganggap keberhasilan perusahaan secara pribadi karena mereka berperan dalam rencana kepemilikan saham karyawan. SRC telah menginvestasikan dananya dalam jumlah besar di pendidikan keuangan untuk tiap karyawannya, sehingga tiap orang memahami risiko yang dihadapi dan apa yang diperoleh.

"Apa yang kita lakukan adalah menunjukkan kepada karyawan cara menjalani hidup tanpa ketakutan. Jika seseorang mengerti apa yang diperlukan untuk menjadi seorang usahawan, bukan hanya penggerak di sistem melainkan seseorang di sisi baik dari kapitalisme, maka hidup mereka dapat berubah selamanya," kata Stack.

Sumber: Jay Finegan, "Everything According to Plan," Inc. (Maret 1995), 78-85; dan Art Kleiner, Jack Stack's Story is an Open Book," Strategy & Business (Kuartal Ketiga 2001), 76-85.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel