Ada 2 Cara untuk Menentukan Nilai Median

Situs Ekonomi - Supangat (2007: 69) mengatakan bahwa median merupakan nilai data tengah (dengan pengertian bahwa dari sekelompok data dibagi menjadi dua bagian yang sama dan pembagiannya disebut median). Adapun untuk menentukan nilai median dapat dilakukan dengan cara:

Data yang Belum Dikelompokkan

Dalam hal menentukan nilai median dari data yang belum dikelompokkan menjadi suatu daftar distribusi frekuensi, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah melakukan penyusunan data berdasarkan urutan data dimulai dari data yang terkecil sampai data terbesar. Lalu, tentukan nilai mediannya sesuai dengan jumlah datanya (ganjil atau genap).

Untuk sekumpulan data yang berjumlah ganjil, maka nilai mediannya adalah data yang paling tengah dan untuk sekumpulan data yang berjumlah genap, maka nilai mediannya adalah jumlah dua data tengah dibagi dua. Berikut disajikan contoh dalam menentukan median dari sekumpulan data yang belum dikelompokkan, yaitu:

Untuk data ganjil:
8, 12, 5, 3, 16, 7, 2, 3, 8 urutan data: 2, 3, 3, 5, 7, 8, 8, 12, 16 -- Me = 7.

Untuk data genap:
Contoh datanya: 8, 12, 5, 3, 16, 7, 2, 3, 8, 17, maka mediannya adalah:
Urutan data: 2, 3, 3, 5, 7, 8, 8, 12, 16, 17 -- Me = (7+8)/2 = 7,5.

Data yang Sudah Dikelompokkan

Mengenai penentuan nilai median untuk data yang sudah dikelompokkan ke dalam daftar distribusi frekuensi, dirumuskan sebagai berikut:

Data yang Sudah Dikelompokkan

Keterangan:

b: Batas bawah di mana median terdapat
p: Panjang kelas di mana media terdapat
n: Jumlah data
F: Frekuensi kumulatif sebelum kelas median
f: Frekuensi kelas median

Di bawah ini dilampirkan contoh perhitungan nilai median dari suatu daftar distribusi frekuensi.

Contoh:

Jika diketahui hasil tabulasi data yang telah tersusun ke dalam daftar distribusi frekuensi mengenai nilai statistika pada fakultas ekonomi di universitas "X" tahun akademik 2012-2013, seperti pada tabel di bawah ini:

Nilai Statistika Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Tahun 2012
Nilai Statistik Mahasiswa Ekonomi

Tentukan nilai mediannya?

Jawab:

Untuk menentukan nilai median dari data yang sudah dikelompokkan, perhatikan terlebih dahulu jumlah data secara keseluruhan (dari tabel) dan selanjutnya bagilah dengan 2 untuk menentukan letak mediannya. Letak median, yaitu pada data yang ke-90/2 = 45, ini berarti bahwa median yang dicari terletak pada data yang ke-45 atau lebih.

Langkah berikutnya, lakukan penjumlahan data mulai dari frekuensi kelas interval pertama dan seterusnya sampai menemukan angka 45 atau lebih, jika sudah terpenuhi, maka berhentilah dan kemudian perhatikan angka tersebut berada di kelas interval ke berapa. Berdasarkan contoh daftar di atas, ternyata nilai median yang dicarinya berada pada kelas interval ke-5 yang mempunyai batas bawah (b) = 70,5, panjang kelas (p) = 10, jumlah frekuensi sebelum kelas median (F) = 32, dan frekuensi pada kelas median tersebut (f) = 26, sehingga nilai mediannya adalah:

Nilai Median

Interpretasinya: Bahwa ada sebanyak 50 persen atau lebih nilai statistika mahasiswa ekonomi Universitas "X" yang mempunyai nilai paling tinggi 75,5.

0 Response to "Ada 2 Cara untuk Menentukan Nilai Median"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel