Ayat Jurnal Penyesuaian dalam Akuntansi Perusahaan Pabrik

Situs Ekonomi - Beberapa ayat jurnal penyesuaian yang dibuat dalam perusahaan dagang tidak muncul lagi. Ini memang disengaja, agar dapat dengan mudah dibedakan. Pada dasarnya, perbedaan antara perusahaan pabrik dengan perusahaan dagang dapat kita amati pada ayat jurnal penyesuaian untuk persediaan bahan baku dan persediaan dalam proses (Soemarso, 2002: 281).

Kedua pos tersebut tidak kita temukan pada perusahaan dagang. Untuk lebih memperjelasnya lagi, mari kita perhatikan ayat jurnal yang perlu dibuat untuk persediaan bahan baku di bawah ini:

Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Persediaan Bahan Baku

Ayat jurnal penyesuaian (A) berhubungan dengan persediaan awal bahan baku. Jumlah yang tercantum di neraca saldo merupakan saldo awal akun tersebut. Jadi, jurnal penyesuaian perlu dibuat untuk membebankan saldo awal ini ke harga pokok produksi.

Sementara itu, ayat jurnal penyesuaian (B) dibuat untuk mengganti saldo akun bahan baku dengan jumlah yang ada pada akhir periode. Dengan ayat jurnal penyesuaian tersebut, maka dapat dihitung jumlah pemakaian bahan baku. Perhatikan, di sana kita bisa melihat adanya akun ikhtisar harga pokok produksi.

Akun tersebut, seperti halnya ikhtisar laba rugi, digunakan untuk menutup akun-akun biaya pabrik, pembelian bahan baku serta persediaan bahan baku dan persediaan dalam proses. Berdasarkan akun ini, kita dapat menghitung harga pokok produksi.

Hal yang sama dilakukan terhadap persediaan dalam proses. Ayat jurnal penyesuaian yang perlu dibuat adalah sebagai berikut:

Persediaan dalam Proses

Ayat jurnal penyesuaian yang dibuat untuk persediaan barang jadi tidak berbeda dengan yang ada di dalam perusahaan dagang, tepatnya yang berhubungan dengan jurnal penyesuaian untuk persediaan barang dagang. Ayat jurnal penyesuaian ini membebankan saldo awal persediaan barang jadi ke harga pokok penjualan, sekaligus mengganti saldonya dengan nilai persediaan akhir. Perhatikan ayat jurnal penyesuaian berikut:

Ayat Jurnal Penyesuaian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel