Definisi Nilai Rata-rata Hitung dan Pembagiannya

Situs Ekonomi - Nilai rata-rata hitung adalah nilai (besaran) yang diperoleh dari hasil jumlah tiap data dibagi dengan banyaknya data. Adapun notasi rata-rata untuk populasi dinyatakan dengan µ sedangkan nilai rata-rata untuk sampel dinyatakan dengan x̄ (Supangat, 2007: 46).

Untuk menentukan nilai rata-rata hitung dapat dilakukan tergantung dari kumpulan data yang dipunyai. Dengan kata lain, kita perlu tahu apakah data itu masih merupakan kumpulan data yang belum disusun ke dalam daftar distribusi frekuensi ataukah data yang dipunyai telah disusun menjadi suatu daftar distribusi frekuensi, sehingga penghitungan nilai rata-ratanya dikategorikan ke dalam model. Berikut adalah formulasi rata-rata hitung, baik untuk data yang belum dikelompokkan maupun untuk data yang sudah dikelompokkan:

1. Data yang Belum Dikelompokkan

Perhitungan nilai rata-rata untuk data yang belum dikelompokkan ke dalam daftar distribusi frekuensi, dinyatakan dengan rumus:

Rumus Data yang Belum Dikelompokkan

2. Data yang Sudah Dikelompokkan

Untuk menentukan nilai rata-rata dari data yang sudah terkelompokkan ke dalam daftar distribusi frekuensi, dapat dilakukan perhitungan dengan dua cara, yaitu cara panjang dan cara pendek. Perhitungan dengan menggunakan cara panjang merupakan perhitungan yang didasarkan pada jumlah dari hasil perkalian antara frekuensi tiap kelas interval dengan nilai mid point-nya (titik tengah).

Sedangkan penentuan nilai rata-rata dengan cara pendek, yaitu penentuan nilai rata-rata yang didasarkan pada mid point yang dijadikan dasar skalanya. Berikut dipaparkan formulasi rata-rata hitung dengan cara panjang dan cara pendek.

2.1 Cara Panjang

Cara Panjang

Di mana:

Σfi.Xi: Jumlah perkalian antara frekuensi dengan mid point
Σfi: Jumlah data

2.2 Cara Pendek

Cara Pendek

Di mana:

X0: Mid point yang dijadikan dasar
Xi: Mid point tertentu (bukan yang dijadikan dasar)
P: Panjang kelas dari interval kelas dasar
Ci: Skala (coding): Ci = (Xi + X0) / P
Σfi: Jumlah data
Σfi.Ci: Jumlah perkalian antara frekuensi dengan skala

0 Response to "Definisi Nilai Rata-rata Hitung dan Pembagiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel