Goodman dan Kruskal

Situs Ekonomi - Dalam ilmu statistik, kita mengenal dua tokoh ini, yaitu Goodman dan Kruskal Wallis. Mereka berdua mengisyaratkan bahwa untuk menentukan keterkaitan antardua variabel dependent dan independent, dinyatakan dengan model:

Model Goodman dan Kruskal

Di mana:
P: Jumlah pasangan selaras (concordance)
Q: Jumlah pasangan tidak selaras (disconcordance)
Nilai: (-1 ≤ Go ≤ 1)

Dengan kriteria:
0 sampai dengan 0,55 (hubungan tidak kuat)
0,56 sampai dengan 0,65 (hubungan cukup kuat)
0,66 sampai dengan 0,75 (hubungan kuat)
0,76 sampai dengan 0,99 (hubungan sangat kuat)
1 hubungan sempurna.

Apabila Anda mendapati hasilnya negatif (-), maka hal ini diartikan sebagai keterkaitan yang tidak langsung dengan kriteria sama dengan kondisi di atas.
  • Concordance: dari pasangan (Xi, Yi) dan (Xj, Yj) → jika Xi > Xj dan Yi > Yj
  • Disconcordance: dari pasangan (Xi, Yi) dan (Xj, Yj) → jika Xi < Xj dan Yi < Yj
Contoh:

Berdasarkan hasil survei terhadap 5 orang karyawan terkait latar belakang pendidikan (dengan jenjang SD = 1; SMP = 2; SMA = 3; S-1 = 4; S-2 = 5; dan S-3 = 6) dinyatakan sebagai variabel X. Sementara kualitas konduitenya (sangat baik = 5; baik = 4; cukup baik = 3; jelek = 2; sangat jelek = 1) dinyatakan sebagai variabel Y. Dengan demikian, kita memperoleh keterangannya seperti pada tabel di bawah ini:
Keterangan Hasil Penelitian

Dari data di atas, pasangan concordance-nya adalah sebagai berikut:

Untuk pasangan pertama 1/3, yang concordance adalah pasangan 4/4 dan 3/4 (nilai X = 4 dan 3 lebih besar dari angka 1, nilai Y = 4 dan 4 lebih besar dari angka 3). Selanjutnya, untuk pasangan kedua 4/4 pasangan concordance-nya tidak ada, pasangan ke tiga 3/4 yang concordance tidak ada, pasangan ke empat 5/3 yang concordance tidak ada dan pada pasangan ke lima 2/2 yang concordance adalah 4/4, 3/4 dan 5/3, jadi banyakanya P = 5.

Sedangkan pasangan disconcordance, untuk pasangan pertama 1/3 kita tidak menemukan disconcordance-nya. Untuk pasangan ke dua, yakni 4/4, pasangan disconcordance tidak ada, pasangan ke tiga 3/4 disconcordance-nya 1/3, pasangan ke empat 5/3 yang disconcordance 2/2 dan pasangan ke lima 2/2 yang disconcordance tidak ada, jadi banyaknya Q = 2.

Berdasarkan kenyataan tersebut, maka nilai Go-nya adalah:


Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa hubungan antara pendidikan (x) dengan konduite (y) seseorang dalam instansi tersebut adalah tidak kuat.

Belum ada Komentar untuk "Goodman dan Kruskal"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel