Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Setengah Rata-rata (Semi Average Method) untuk Data Genap

Metode setengah rata-rata dimaksudkan sebagai cara untuk menentukan model trend selain menggunakan cara kuadrat terkecil. Pada metode ini, dari sekelompok data dibagi menjadi dua bagian yang sama (Supangat, 2007).

Jika jumlah datanya ganjil, maka data yang di tengah dapat dihilangkan atau dihitung dua kali. Untuk menentukan nilai-nilai a dan b pada model trend linier dengan menggunakan metode setengah rata-rata, nilai konstanta (a) terletak di tengah masing-masing kelompok data (sebagai waktu dasar).

Konstanta yang digunakan pada persamaan tergantung pada permasalahan yang ditetapkan (waktu dasar yang ditetapkan terletak di kelompok mana). Adapun nilai koefisien trend (b) dihitung seperti pada formulasi berikut ini:


Tabel 1.1
Metode Setengah Rata-Rata (Semi Average Method) untuk Data Genap

Dalam menentukan nilai koefisien trend pada tabel di atas, amatilah rumus di bawah ini:

Koefisien Trend

Persamaan trend untuk data genap dengan waktu dasar pada posisi kelompok I:
Persamaan Trend untuk Data Genap
Jika waktu dasarnya ditetapkan pada kelompok II, maka persamaan trend-nya sebagai berikut:


1. Untuk data ganjil (data tengah dihilangkan):
Data Tengah Dihilangkan

2. Untuk data ganjil (data tengah diikutsertakan):
Data Tengah Diikutsertakan

3. Untuk data genap:
Data Genap


Nah, berikut ini merupakan contoh penyelesaian kasus dengan menggunakan metode setengah rata-rata agar Anda lebih mudah memahaminya. Dari hasil pencatatan mengenai kondisi perkembangan penjualan barang "A" selama kurun waktu 2000-2011 adalah seperti yang diilustrasikan pada Tabel 1.2.

Tabel 1.2
Gambaran Penyelesaian Kasus

Jika waktu dasar ditetapkan pada tahun 2004, maka tentukan model trend liniernya?
  • Perhatikan jumlah datanya → n = 12 (genap)
  • Jumlah data pada tabel tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok I berjumlah 15.380 dan kelompok II berjumlah 17.710. Jadi, nilai rata-rata yang dihasilkan oleh masing-masing kelompok adalah 2.563,3 untuk kelompok I dan 2.951,67 untuk kelompok II.
  • Karena waktu dasar ditetapkan pada tahun 2004, sehingga nilai a-nya berada pada kelompok I → a = 2.563,3 dan nilai b = (2.951,67 - 2.563,3) / (2009 - 2003) = 64,72. Maka, model trend-nya: y = 2.563,3 + 64,72 x (Origin: 1/1-2004; x: 1 tahun; y: data volume penjualan).
  • Untuk menentukan nilai x, perhatikan Tabel 1.3.


Tabel 1.3
Nilai X


Demikianlah pembahasan tentang metode setengah rata-rata (semi average method) untuk data genap. Kelebihan menggunakan metode ini yaitu mudah dipahami dibandingkan dengan metode lain untuk mengukur tren liniernya.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs