3 Jenis Matriks yang Harus Diketahui oleh Mahasiswa Statistika Ekonomi

Situs Ekonomi - Udah pada ngopi belum? nih saya lagi ngopi sambil baca-baca referensi yang akan saya jadikan konten blog siang ini. Nikmatnya setelah ngopi ya gini, bisa mengatasi ngantuk. hehe.

Jadi teman-teman, pembahasan kita siang ini adalah tiga jenis matriks yang harus diketahui oleh mahasiswa statistika ekonomi. Kenapa saya jadikan ini sebagai bahan ngeblog di siang hari yang penuh bahagia ini? Karena ini termasuk ke dalam salah satu bahan yang dijadikan sebagai kisi-kisi ujian, entah itu midtem atau final, saya sudah lupa. hehe.

Baiklah para ekonom muda Indonesia yang saya muliakan, bagi yang belum ngopi silahkan ngopi dulu agar Anda bisa konsentrasi menyimak ulasan yang disajikan oleh Situs Ekonomi sesaat lagi. Sebelum kita memulainya, sebaiknya kita sebutkan dulu apa itu matriks, sepakat ya?

Supangat (2007: 209) mengatakan bahwa matriks itu adalah suatu susunan bilangan dalam bentuk empat persegi panjang. Nah, udah pada tahu kan apa itu matriks? hehe. Sekarang, kita masuk ke inti pembahasan kita, yakni macam-macam matriks yang harus diketahui.

1. Matriks Baris (Vektor Baris)

Pertama yang harus diketahui adalah matriks baris. Matriks jenis ini hanya terdiri dari satu baris saja. Ini biasanya dinyatakan dengan huruf kecil.
Contoh:
Matriks Baris

2. Matriks Kolom (Vektor Kolom)

Berbeda halnya dengan jenis yang pertama, matriks kolom hanya terdiri dari satu kolom saja. Tentunya, ini merupakan kebalikan dari matriks baris, sebagaimana yang telah diutarakan di atas.
Contoh:
Matriks Kolom

3. Matriks Bujur Sangkar (Matriks Kuadrat)

Kemudian yang ketiga adalah matriks bujur sangkar. Matriks ini mempunyai baris dan kolom yang sama diagonal menurut unsur a11,a22,....ann. Dalam matriks bujur sangkar, hal tersebut dikenal dengan sebutan diagonal utama.
Contoh:
Matriks Kuadrat

Penutup

Itu dulu ya gaes yang saya ingat. Kedepannya kita akan mengkaji permasalahan ini lebih dalam lagi agar lebih seru. hehe. Berhubung sudah masuk waktu maghrib, maka saya udahkan saja. Terimakasih dan selamat menunaikan ibadah shalat maghrib untuk wilayah Sigli dan sekitarnya!

0 Response to "3 Jenis Matriks yang Harus Diketahui oleh Mahasiswa Statistika Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel