7 Bisnis Ini Dapat Mengatasi Masalah Finansial Anda Pasca Pensiun

7 Bisnis Ini Dapat Mengatasi Masalah Finansial Anda Pasca Pensiun

Situs Ekonomi - Dengan memiliki bisnis pasca pensiun, itu akan membantu Anda yang hendak pensiun dini agar tidak mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Ada beberapa bisnis yang menguntungkan bagi Anda yang ingin segera pensiun:

1. Toko Kelontong

Salah satu bisnis yang menjanjikan adalah toko yang menjual keperluan sehari-hari. Bisnis ini sangat mudah dan bisa dikelola oleh seorang diri. Resiko yang terjadi juga kecil karena toko kelontong pasti ada saja yang membelinya.

Banyaknya kebutuhan sehari-hari yang setiap saat diperlukan membuat bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin pensiun dini. Juallah terlebih dahulu beberapa keperluan seperti sembako dan perlahan Anda juga bisa menambah jenis barang yang ingin dijual.

2. Bisnis Kos-kosan

Bisnis lainnya yang cocok untuk para pensiunan adalah bisnis kos-kosan. Bisnis ini bisa Anda lakukan di manapun. Tetapi bisnis ini lumayan menguras modal dengan jumlah yang besar untuk keperluan kamar dan membuat beberapa kamar yang dibutuhkan.

Apabila Anda mampu membangun bisnis tersebut, maka hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah mencari lahan yang strategis untuk membangun kos-kosan, usahakan dekat dengan kampus atau sekolah. Sekarang, bisnis ini banyak dilakukan oleh sebagian orang karena penghasilan yang didapat terhitung lumayan.

3. Membuka Tempat Bimbingan Belajar

Jenis bisnis yang berikutnya adalah membuka tempat bimbingan belajar (bimbel). Bisnis ini sangat tepat bagi Anda yang pernah berprofesi sebagai guru atau memiliki pengalaman di bidang mengajar. Untuk meringankan tugas Anda sebagai pengajar, Anda juga bisa membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain yang ingin mencari penghasilan tambahan dari mengajar siswa di luar sekolah.

Akhir-akhir ini, jasa bimbel sangat dibutuhkan karena gaya belajarnya yang tergolong santai dan kapasitasnya pun lebih sedikit dibandingkan sekolah pada umumnya, sehingga para murid dengan mudahnya menyerap apa yang disampaikan. Supaya bisnis Anda direkomendasikan oleh para orang tua murid, maka pastikan Anda menawarkan beberapa program yang menarik, misalnya memberikan hadiah bagi yang mendapat ranking satu, dua, dan tiga.

Ketika si murid memperoleh penghargaan tersebut, maka dengan riangnya dia akan memberitahukan kepada kedua orang tuanya. Pada gilirannya, orang tuanya pun mengestafetkan perihal tersebut kepada anak-anak temannya agar dititipkan ke bimbel yang Anda asuh.

4. Rental Mobil

Selanjutnya, bisnis yang sangat menguntungkan adalah membuka rental mobil. Bisnis ini memang menguntungkan dan dibutuhkan. Kita bisa mendapat penghasilan per jam ketika ada orang yang ingin menyewa mobil yang kita tawarkan.

Biasanya, orang akan lebih memilih untuk menyewa daripada membeli, apalagi mengingat biaya yang digunakan untuk membeli cukup besar. Bisnis ini layak diperhitungkan sebagai opsi bagi Anda yang telah memutuskan untuk pensiun dini.

Meskipun demikian, risiko yang terjadi untuk jenis bisnis ini pun terbilang besar. Oleh karena itu, agar Anda tidak merugi maka beberapa persyaratan yang ketat pun perlu ditetapkan kepada pelanggan Anda, seperti meminta kartu tanda pengenal dan membuat surat perjanjian sewa yang ditandatangani oleh pelanggan.

5. Properti 

Siapa sih yang meragukan akan keuntungan dari bisnis properti? Semua orang pasti tahu bahwa bisnis ini memang menguntungkan dan juga menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Investasi properti juga memiliki kerugian yang sangat minim karena nilai jual tiap tahunnya yang selalu meningkat.

Anda dapat menjual kembali property yang dimiliki dan kemudian memperoleh keuntungan dari harga jual tersebut. Bisnis properti yang bisa Anda kerjakan ada bermacam-macam kategorinya, seperti kontrakan, apartemen, atau guest house.

6. Peternakan

Memiliki peternakan atau melakukan budidaya ternak juga merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan ketika memutuskan untuk pensiun dini. Anda bisa menjalankan bisnis ini mulai dari membeli bebek atau ayam.

Modal untuk melakukan bisnis ini tidaklah besar. Anda cukup menyesuaikan dengan seberapa banyak ternak yang ingin dijadikan bisnis.

7. Franchise atau bisnis waralaba

Bisnis yang menguntungkan terakhir adalah waralaba. Bisnis ini tidak akan menyita banyak waktu dan modalnya juga tidak terlalu besar. Anda hanya perlu beberapa pegawai untuk mempermudah jalannya bisnis tersebut.

Selebihnya, Anda hanya tinggal mengaturnya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Bagi Anda yang masih belum tahu seperti apa itu bisnis waralaba yang dimaksud, bisnis ini merupakan jenis bisnis yang menyediakan makanan/minuman cepat saji.

Barangkali Anda pernah melihat atau membeli jajanan, seperti Kebab, Es Capucino Cincau dan Jamur Crispy. Itulah contoh kecil dari bisnis waralaba yang sedang kita bahas ini dan mungkin dari ketiga contoh tersebut bisa Anda coba atau mencari yang lebih sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Nah, Apakah Anda tertarik dengan ketujuh bisnis di atas? Tentunya sangat tidak mungkin bagi Anda untuk menjalankan ketujuh jenis bisnis tersebut sekaligus. Oleh karena itu, pilihalah salah satu dari apa yang telah disebutkan di atas yang Anda anggap sesuai dengan passion Anda. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel