Agar Tidak Melarat di Usia Tua, Lakukan Hal Ini Segera!

Agar Tidak Melarat di Usia Tua, Lakukan Hal Ini Sekarang!

Situs Ekonomi - Untuk menjadi seorang yang kaya raya atau setidaknya tidak melarat di waktu tua, maka ada beberapa hal yang perlu Anda mulai dari sekarang. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan di usia muda yang akan membantu Anda untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit uang sebagai pegangan di waktu tua. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Hidup dengan Perhitungan

Bukan pelit! Tapi perhitungkanlah segala pengeluaran yang Anda miliki dan sesuaikan dengan pemasukan yang Anda miliki. Setiap orang kaya selalu menghindari mengeluarkan uang berlebihan dengan cara membayar masa depan mereka lebih dahulu.

Biasanya, orang yang kaya akan menyimpan 20% uang mereka untuk masa depan dan 80% untuk hidup hari ini. Dari 80% uang untuk hidup ini, mereka akan membaginya untuk aspek kehidupan mereka.

Menghindari Membeli dengan Cara Kredit

Kredit adalah hutang. Apapun bentuk kreditnya, baik itu kredit mobil, kredit rumah atau bahkan penggunaan kartu kredit, janganlah Anda tergiur untuk menggunakannya.

Membeli dengan cara kredit membuat Anda merasa memiliki uang dan dimanja. Pada akhirnya, jika Anda lepas kontrol, maka akan sulit bagi Anda untuk menabung guna memenuhi masa depan Anda kelak.

Oh ya, biasanya orang kaya memiliki kebiasaan untuk membeli secara cash bukan kredit. Artinya, mereka membeli ketika mereka mampu bukan ketika mereka membutuhkannya.

Mengontrol Emosi

Tidak semua pikiran harus keluar dari perkataan dan tidak semua emosi perlu diekspresikan. Ketika Anda mengatakan apapun yang ada di pikiran Anda, maka kemungkinan Anda akan menyakiti hati orang lain.

Survei membuktikan bahwa mereka yang tidak mudah mengontrol emosi memiliki kesulitan dalam menjaga keuangan mereka. Lebih dari 90% orang yang kaya memiliki kemampuan untuk memfilter emosi mereka. Hal ini disebabkan karena orang yang seperti ini mengerti bahwa emosi dapat menghancurkan relasi baik itu di tempat kerja atau di rumah.

Ketika sedang marah, pastikan Anda menunggu terlebih dahulu hingga perasaan emosi tersebut sudah mulai terkontrol dan biarkan situasi membaik untuk sesaat. Dengan demikian, Anda bisa berpikir lebih jernih dan objektif.

Buat Goal Bukan Keinginan

Keinginan adalah salah satu dari apa yang Anda inginkan. Anda tidak akan pernah bisa mengontrol apapun hasil dari keinginan Anda tersebut. Akan tetapi, beda jika Anda membuat sebuah goal.

Sebuah goal diikuti dengan perencanaan yang matang, sehingga orang yang memiliki goal pasti memiliki masalah finansial yang baik. Survei juga membuktikan bahwa setiap tahun 70% dari orang yang kaya mewujudkan paling tidak 1 dari tujuan-tujuan mereka.

Hindari Orang yang “Toxic”

Apakah Anda sadar atau tidak, hidup kita sebenarnya sangat ditentukan oleh lingkungan. Kita bisa mencapai level tertinggi tergantung dengan siapa kita bergaul.

Apabila Anda bergaul dengan orang-orang yang sukses, maka kemungkinan untuk sukses akan tinggi, tetapi apabila sebaliknya maka kemungkinan tersebut sangatlah rendah. Hal inilah yang menyebabkan lebih dari 80% orang yang sukses selalu menginginkan untuk bergaul dengan orang yang lebih sukses dari dirinya.

Sebabnya adalah ketika kita bergaul dengan orang yang lebih sukses, maka pikiran kita akan terasah dan wawasan yang kita miliki makin bertambah luas. Hal ini akan mempengaruhi Anda dalam berpikir mengenai dunia finansial dan juga membuka peluang untuk masa depan. Oleh karena itu, janganlah bergaul dengan sembarangan orang.

Buat Investasi

Investasi adalah salah satu hal yang penting. Bagi Anda yang masih awam, dari sekarang mulailah mendalami ilmu tentang investasi. Hal ini dapat dilakukan bermula dari membaca lebih banyak dan melakukan lebih banyak, seperti membangun jaringan dan melakukan volunter.

Perlu ditekankan bahwa investasi tidak hanya dilakukan dengan uang saja, tapi juga dengan pengembangan diri. Jika Anda melakukan investasi pada diri sendiri dan pada akun bank Anda, maka Anda tidak akan mungkin melarat di hari tua.

Semoga tulisan ini dapat membantu Anda yang ingin mempersiapkan diri menuju hari tua. Sekian dan terimakasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel