Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips agar Pelanggan Loyal dengan Bisnis Anda

Tips agar Pelanggan Loyal dengan Bisnis Anda

Apapun bisnis yang Anda jalankan pasti menginginkan agar mendapatkan untung besar, bukan? Untung besar tentu saja didapat dari pelanggan yang selalu setia untuk kembali membeli atau berkali-kali datang ke lokasi usaha Anda.

Dengan adanya pelanggan yang setia, maka Anda sama saja sudah memangkas biaya promosi produk. Sebab, mereka akan menceritakannya kepada teman atau saudaranya setelah Anda memberikan tingkat kepuasan yang tertinggi.

Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, maka diperlukan sebuah produk atau jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan. Oleh karena itu, mari kita intip bersama apa saja yang harus dilakukan agar memperoleh pelanggan yang setia.

1. Berikan Bonus kepada Konsumen

Anda tentu akan merasa senang jika mendapatkan bonus dari tempat Anda belanja, bukan? Anda dapat menerapkan cara ini dengan memberikan secara cuma-cuma satu gantungan kunci bagi setiap yang membeli lima produk, atau apapun itu yang sesuai dengan target market Anda.


Cara ini dinilai sangat tepat karena konsumen akan mengejar bonus yang Anda sediakan, sehingga konsumen akan kembali lagi demi mengejar bonus tersebut. Budaya bonus memang sudah menjadi sifat manusia yang selalu ingin mendapatkan hadiah atau barang free.

2. Ketahuilah Kebutuhan Konsumen

One stop shopping sepertinya memang sudah lama menjadi incaran tempat belanja semua orang. Jika usaha yang dijalankan adalah toko sembako maka usahakan toko sembako Anda menyediakan segala kebutuhan konsumen.

Pastikan segala kebutuhan pokok tersusun rapi, sehingga pelanggan dengan mudah memilih yang sesuai keinginannya. Dengan begitu, konsumen akan merasa diringankan karena hanya dengan sekali mampir semua barang yang dibutuhkan telah tersedia tanpa harus mampir ke toko yang lain.

Faktor ini yang terkadang juga dapat merubah rencana konsumen yang awalnya hanya ingin membeli beras, kemudian karena melihat tomat yang masih segar maka turut membelinya secara bersamaan. Hal inilah yang membuat mereka senang hati mampir ke toko Anda.


3. Menggenapkan Harga Barang

Selain dari apa yang telah dijelaskan pada kedua poin di atas, pengurangan harga juga sangat disenangi oleh konsumen. Mereka merasa telah melakukan transaksi yang menguntungkan meski pembulatan angka pada harga yang Anda lakukan sebenarnya bukanlah jumlah yang besar.

Misalkan, harga sebuah barang adalah Rp8.400. Dengan membulatkannya menjadi Rp8.000 saja, maka akan sangat berkesan bagi konsumen sehingga akan menjadi magnet untuk menarik konsumen datang kembali.

4. Product Knowledge

Anda harus memahami terkait produk yang dijual, mulai dari harga hingga kelebihan dan kekurangannya. Kalau tidak, konsumen akan merasa enek jika menanyakan sebuah produk namun Anda masih harus membuka-buka katalog terlebih dahulu.

Berbeda bila Anda mengetahuinya, komunikasi yang dilakukan akan terkesan menarik karena Anda bisa menjawab kebutuhan konsumen. Bila terjadi ketidakcocokan pada harganya, maka Anda bisa menjelaskan mengapa harganya mahal.


5. Berbeda dari Lainnya

Jika banyak produk yang serupa di sekitar Anda, maka usahakanlah untuk menciptakan perbedaan dari yang lain. Anda dapat menerapkan hal ini dengan cara menciptakan suatu desain yang berbeda, warna yang lebih menarik, atau diskon yang lebih.

Produk yang dianggap penjualannya bagus selama ini, tentu saja masih memerlukan tambahan lain agar tetap dicari konsumen. Terkadang, ada sebuah barang yang bisa dikatakan kurang sempurna namun konsumen begitu setia karena terdapat kelebihan lain, seperti ramah ketika bertransaksi dengan pelanggan, kemasannya tidak berdebu, dan sebagainya.

Penutup

Demikanlah pembahasan tentang tips agar pelanggan loyal dengan bisnis Anda. Pelanggan loyal adalah salah satu hal penting yang dapat membantu bisnis Anda berkembang. Untuk menarik pelanggan menjadi loyak, Anda harus mengetahui kebutuhan mereka untuk membuat inovasi yang tepat guna meningkatkan pengalaman dan pelayanan agar pelanggan puas hingga menjadi loyal dengan bisnis Anda.