Begini Cara Membuat Pelanggan Menjadi Loyal dengan Bisnis Anda

Begini Cara Mengikat Para Konsumen agar Loyal dengan Bisnis Anda

Situs Ekonomi - Usaha atau bisnis apapun yang Anda jalankan, pasti menginginkan agar mendapatkan untung besar. Untung besar tentu saja didapat dari pelanggan yang selalu setia untuk senantiasa kembali membeli atau berkali-kali datang ke tempat lokasi usaha yang Anda jalankan.

Dengan memiliki pelanggan yang setia, maka Anda sama saja sudah memangkas biaya promosi produk Anda. Secara tidak langsung, mereka akan menceritakannya kepada teman atau saudaranya setelah Anda memeberikan tingkat kepuasan yang tinggi.

Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, maka diperlukan sebuah produk atau jasa yang dapat memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan. Di samping itu juga diperlukan pengalaman serta pelayanan prima, sehingga produk atau jasa yang Anda berikan akan membawa kesan di hati para pelanggan. Oleh karena itu, mari kita intip beberapa cara yang dapat dicoba agar Anda memperoleh pelanggan yang setia:

1. Berikan Bonus kepada Konsumen

Anda tentu akan merasa senang jika mendapatkan bonus dari tempat Anda belanja, atau dari jasa yang Anda gunakan. Anda dapat menerapkan cara ini dengan memberikan secara cuma-cuma satu gantungan kunci bagi setiap yang membeli lima produk tersebut, atau Anda bisa memberikan bonus yang sesuai dengan target market Anda.

Cara ini dinilai sangat tepat karena konsumen akan mengejar bonus yang Anda sediakan, sehingga konsumen akan kembali lagi demi mengejar bonus tersebut. Budaya bonus tak hanya terjadi di Indonesia saja. Ini memang sudah menjadi sifat manusia yang selalu ingin mendapatkan hadiah atau barang free.

2. Ketahuilah Kebutuhan Konsumen

One stop shopping sepertinya memang sudah lama menjadi incaran tempat belanja semua orang. Jika usaha yang dijalankan adalah toko sembako maka usahakan toko sembako Anda menyediakan segala kebutuhan konsumen. Pastikan segala kebutuhan pokok tersusun dengan rapi, sehingga pelanggan dengan mudahnya untuk memilih yang sesuai dengan keinginannya.

Dengan begitu, konsumen akan merasa diringankan karena hanya dengan sekali mampir maka semua barang yang dibutuhkan tersedia tanpa harus mampir ke toko yang lain. Faktor ini yang terkadang juga merubah rencana konsumen yang awalnya hanya ingin membeli beras, kemudian karena melihat tomat yang masih segar misalnya, maka ia turut membelinya secara bersamaan. Hal inilah yang membuat mereka senang hati untuk mampir ke toko Anda karena begitu berangkat dari rumah mereka telah terbayang bahwa hanya toko Andalah yang menyediakan apa yang dibutuhkan olehnya.

3. Menggenapkan Harga Barang

Selain dari apa yang telah dijelaskan pada kedua poin di atas, pengurangan harga juga sangat disenangi oleh konsumen. Mereka merasa telah melakukan transaksi yang menguntungkan meski pembulatan angka pada harga yang Anda lakukan sebenarnya bukanlah jumlah yang besar. Misalkan, harga sebuah barang adalah 8.400 rupiah. Maka dengan membulatkannya menjadi Rp8.000 saja akan sangat berkesan bagi konsumen Anda, sehingga ini akan menjadi magnet konsumen untuk kembali.

4. Product Knowledge

Anda dan seluruh pegawai Anda harus memahami mulai dari harga, kegunaan, perbedaan setiap produk atau kelebihan dan kekurangan sebuah produk. Kalau tidak, konsumen akan merasa enek jika menanyakan sebuah produk namun Anda tidak mengetahuinya, atau harus membuka-buka katalog terlebih dahulu. Berbeda bila Anda mengetahuinya, komunikasi yang Anda lakukan akan terkesan menarik karena Anda secara lugas menjawab kebutuhan konsumen, tentunya dengan bahasa yang santun.

5. Berbeda dari lainnya

Jika banyak produk yang serupa di sekitar Anda, maka usahakanlah untuk menciptakan perbedaan dari yang lain. Anda dapat menerapkan hal ini dengan cara menciptakan suatu desain yang berbeda, warna yang lebih menarik atau diskon yang lebih.

Produk yang dianggap penjualannya bagus selama ini, tentu saja masih memerlukan tambahan lain agar tetap dicari konsumen. Terkadang, ada sebuah barang yang bisa dikatakan kurang sempurna namun konsumen begitu setia karena terdapat kelebihan lain, seperti ramah ketika bertransaksi dengan pelanggan, produknya bersih atau tidak berdebu dan sebagainya.

Itulah informasi singkat mengenai beberapa tips mendatangkan pelanggan loyal. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan sukses terus buat Anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel