Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperluas Pangsa Pasar ke Luar Negeri

Cara Memperluas Pangsa Pasar ke Luar Negeri

Siapa yang tidak ingin bisnisnya memperoleh pangsa pasar yang luas? Setelah sukses di dalam negeri pasti tidak sedikit orang yang ingin mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Untuk Anda yang sedang mengincar pasar luar negeri, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1. Kenali Pasar

Bagi Anda yang ingin memulai ekspansi bisnis ke luar negeri, tentu hal pertama yang perlu diperhatikan adalah target pasarnya. Dengan begitu, Anda dapat memastikan apakah produk tersebut mempunyai nilai jual atau tidak.

Selain itu, Anda juga harus menetapkan apakah preferensi pasar sesuai dengan produk Anda. Oleh karenanya, perlu bagi Anda untuk memperhatikan dinamika masyarakat, perbedaan budaya, dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kemungkinan apakah produk Anda diterima oleh pasar atau tidak.

Sebagai contoh, Indonesia merupakan negara tropis. Lalu, Anda memiliki produk berupa kaos dengan bahan yang mudah menyerap panas. Pertanyaannya, apakah produk ini akan laku jika dipasarkan di negara yang bermusim dingin?


Tentu saja jawabannya tidak. Itu dikarenakan kebutuhan dan preferensi dari negara tersebut adalah mencari pakaian hangat. Ini merupakan salah satu contoh sederhana yang mudah dipahami. Di balik itu, masih ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan lagi.

2. Pendekatan Pasar

Setelah menemukan siapa target pasarnya, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pendekatan pasar. Mengenai hal ini, Anda harus mencari tahu bagaimana strategi yang tepat agar produknya bisa laku. Nah, di sini Anda perlu melakukan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats) untuk memastikan bahwa Anda melangkah dengan mantap.

3. Pilih Relasi yang Tepat

Secara rasional, tidak akan mudah bagi sebuah produk baru untuk melakukan penetrasi pasar. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan perhatian lebih cepat, maka sebaiknya Anda menggunakan mitra yang tepat.

Penggunaan relasi yang tepat bisa berupa kerja sama dengan produk populer yang memiliki sifat komplementer dengan produk yang Anda tawarkan. Contohnya, perusahaan Anda adalah perusahaan yang memproduksi alat make up, maka Anda bisa mencari produk kosmetik populer yang sesuai dengan image mitra Anda.


Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan salah satu influencer yang sesuai dengan niche perusahaan Anda untuk melakukan pengiklanan produk. Apabila influencer tersebut berhasil meningkatkan penjualan, Anda bisa menjadikannya sebagai brand ambasador untuk mempertegas eksistensi bisnis Anda di luar negeri.

4. Perhatikan Peraturan yang Berlaku

Peraturan antarnegara pasti berbeda. Untuk Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, maka pastikan bahwa Anda mengetahui terlebih dahulu aturan yang dimiliki oleh suatu negara yang dijadikan sebagai tujuan bisnis.

Pastikan produk atau kandungan yang ada di dalamnya aman dan tidak dilarang untuk diedarkan di luar negeri. Ini merupakan hal yang perlu digarisbawahi karena percuma saja kalau Anda sudah melakukan hal-hal di atas namun pada akhirnya produk tersebut malah ditarik disebabkan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperluas pangsa pasar ke luar negeri. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk melakukan pemasaran produk ke luar negeri adalah dengan memanfaatkan kekuatan internet.