Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Strategi Digital Marketing yang Mudah Diterapkan

5 Strategi Digital Marketing yang Mudah Diterapkan

Bagaimana sebenarnya strategi digital marketing yang mudah diterapkan? Supaya usaha Anda bisa tetap berdiri di tengah-tengah persaingan yang begitu ketat, tentu saja harus menerapkan pola strategi digital yang sangat efektif.

Para pebisnis sebenarnya tidak perlu khawatir, sebab pada dasarnya beberapa strategi pemasaran digital di Indonesia dapat diterapkan dengan praktis dan mudah. Jadi, sebelum mulai membahas tentang strategi tersebut lebih mendalam maka sebaiknya kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing ialah sebuah pola marketing yang dilakukan dengan cara online atau lewat media digital. Digital marketing dewasa ini telah menjadi hal yang umum dilakukan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, berikut ini akan dipaparkan 5 strategi digital marketing yang mudah diterapkan:

1. Marketing Target

Media pemasaran sendiri sebenarnya ada berbagai macam. Biasanya, iklan ditemukan lewat radio dan televisi. Saat di perjalanan, iklan terpampang jelas di papan reklame. Ketika membaca koran atau surat kabar, beragam iklan pun muncul di sana.


Media beriklan seperti itu bisa dikatakan sebagai media pemasaran tradisional yang hanya menargetkan calon konsumen di area tertentu. Namun, berbeda dengan pemasaran digital yang mana target pemasarannya sangat luas sekali.

Dengan begitu, Anda akan mampu menjangkau target pasar secara nasional bahkan hingga internasional sekalipun. Itulah keistimewaan digital marketing, sehingga siapa pun pengguna internet bisa menjadi target market Anda.

2. Konsisten dengan Postingan di Sosmed

Dalam strategi pemasaran digital sangat diperlukan konsistensi untuk memposting produk beserta informasinya ke media sosial. Anda juga harus menerapkan SEO (search engine optimization) agar postingan tersebut memiliki trafik tersendiri dari mesin pencari.

Tidak hanya itu, Anda juga harus membangun link yang bersifat organis dan selalu berusaha mengutamakan informasi terkait produk Anda. Sembari menjalankan usaha, Anda bisa mempelajari search engine optimization secara otodidak.

Sifat konsumen yang paling melekat di era kemajuan digital sekarang ini adalah mengakses internet melalui smartphone. Oleh karena itu, untuk mendekatkan usaha Anda dengan konsumen, maka Anda perlu membangun website yang bersifat mobile friendly.

4. Memanfaatkan Kekuatan Konten

Di dunia pemasaran digital, hal yang paling penting ialah konten karena konten termasuk dari inti strategi pemasaran digital itu sendiri. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana konten yang bersifat baik atau berkualitas.

Konten yang berkualitas ialah konten yang bersifat user friendly. Artinya, konten tersebut berisi informasi bermanfaat yang dapat membantu orang lain, diterbitkan dalam waktu yang pas, dan dapat menambah wawasan.

5. Pemanfaatan Media Sosial yang Tepat

Pemakaian sosial media sebagai strategi digital marketing memang akan sangat membantu. Tapi, jika Anda memakai sosial media yang terlalu banyak pun tidak akan baik. Hal ini dikarenakan, apabila Anda terkoneksi dengan customer lewat banyak akun sosmed, justru malah membuat pekerjaan menjadi semakin terbengkalai.


Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 strategi digital marketing yang mudah diterapkan. Dengan menerapkan strategi digital marketing di atas, maka Anda telah menghemat biaya pemasaran dan menjangkau target pasar yang lebih luas.