Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Strategi Mengubah Followers Instagram Menjadi Pelanggan

4 Strategi Mengubah Followers Instagram Menjadi Pelanggan

Setiap pelaku usaha pasti senang jika melihat followersnya menanggapi atau memberikan komentar pada iklan produk yang mereka upload atau sebarkan. Namun, perlu diketahui bahwa mengkonversi followers Instagram menjadi pelanggan aktif bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Banyaknya jumlah pengikut di Instagram, belum tentu bisa meningkatkan sales atau penjualan. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami hal yang demikian. Di antara 1.000 followers yang ada di Instagram, barangkali hanya sebanyak 100 orang saja yang membeli.

Artinya adalah sebanyak 90% followers hanya menjadi window shopping semata. Dalam situasi tersebut, bukan hanya pelanggan dan penjualan saja yang hilang, tetapi juga pengeluaran untuk memasarkan produk tersebut pun menjadi sia-sia.

Nah, jika selama ini Anda hanya menghasilkan sedikit saja jumlah followers yang menjadi pembeli, berarti Anda memerlukan usaha yang lebih untuk meningkatkan ketertarikan mereka. Oleh karenanya, berikut ini adalah 4 strategi mengubah followers Instagram menjadi pelanggan:


1. Buat Profil yang Menarik

Langkah pertama ialah buat bio di profil akun IG bisnis Anda semenarik mungkin dengan menuliskan deskripsi singkat mengenai kontak, brand, serta CTA (call to action) menuju toko online Anda. Kemudian, Anda harus pastikan bahwa akun bisnis Anda tidak dikunci supaya calon pelanggan akan merasa lebih leluasa dan nyaman mengikuti akun IG bisnis Anda.

2. Upload Foto Produk Berkualitas

Instagram adalah platform sosmed yang lebih mengutamakan konten visual, maka penting sekali untuk menampilkan gambar produk yang berkualitas. Jadi, pastikan foto produk yang diunggah ke akun IG bisnis Anda berkualitas HD atau high definition.

Dengan begitu, pelanggan bisa melihat secara detail bentuk produk serta warnanya pun mirip-mirip dengan aslinya. Mengenai hal ini, Anda dapat mengambil angle foto yang berbeda-beda agar detail produknya bisa terlihat dengan jelas.

3. Tampilkan Deskripsi Produk Secara Detail

Tidak hanya menampilkan gambar produk yang berkualitas saja, hal yang tidak kalah penting lainnya ialah memperhatikan copywriting guna memperjelas produk yang Anda jual. Deskripsi produk tidak hanya berfungsi untuk memudahkan calon konsumen mengenali produk Anda, tetapi juga untuk menarik perhatian dan meyakinkan mereka untuk membeli.


Jadi, selain menguasai produk yang kemudian dikemas dalam bentuk informasi, Anda juga perlu memahami bagaimana perilaku target pasar Anda. Dengan begitu, Anda akan mengenali bagaimana gaya bahasa yang tepat untuk membangun komunikasi dengan mereka.

Nah, pada saat menjelaskannya, Anda harus terfokus pada penjelasan mengenai manfaat dari produk yang Anda tawarkan ketimbang fiturnya. Konsumen sendiri sebenarnya tidak memperhatikan fitur dari produk Anda karena bagi mereka adalah apa manfaat yang bisa didapatkan dari produk tersebut.

4. Buatlah Followers Merasa Terdesak dan Wajib Membeli Produk Anda

Strategi mengubah followers Instagram menjadi pelanggan ini juga sangat penting, di mana Anda dapat memberikan kesan seakan-akan calon pelanggan dirugikan apabila tidak segera membeli produk yang Anda tawarkan pada waktu itu juga. Contohnya adalah dengan membuat flash sale yang hanya berlaku pada hari itu, tapi harga akan kembali normal di keesokan harinya.

Penutup

Kurang lebih begitulah caranya untuk mengubah followers Instagram menjadi pelanggan. Pastikan bahwa Anda memahami strategi ini dengan benar supaya bisa dipraktikkan dengan benar pula. Semoga ulasan ini membantu Anda.