Hindari Beberapa Kesalahan Ini agar Anda Sukses Berjualan di Instagram!

Hindari Beberapa Kesalahan Ini agar Anda Sukses Berjualan di Instagram!

Situs Ekonomi - Instagram adalah sebuah media sosial yang saat ini kerap digunakan untuk memulai bisnis. Hal ini disebabkan karena memang ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda memulai bisnis di platform tersebut.

Namun, Instagram merupakan jenis media sosial yang sangat sensitif apabila Anda melakukan kesalahan-kesalahan tertentu. Sekali saja Anda melakukan kesalahan, maka dikhawatirkan kelancaran bisnis Anda akan terganggu ketika berselancar di media tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda pasti membutuhkan beberapa cara agar terhindar dari bencana yang akan berdampak pada perkembangan bisni Anda nantinya. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari masalah ini? Berikut ini adalah tipsnya:

Tips 1: Jangan Gunakan Nama yang Aneh di Instagram Anda

Kesalahan pertama yang tidak boleh sama sekali Anda lakukan adalah menggunakan nama yang aneh. Nama adalah salah satu hal yang sangat penting dalam memulai bisnis di Instagram.

Nama akan menjadi sebuah senjata bagi Anda untuk menjaring para konsumen saat mereka memulai pencarian. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak menggunakan nama yang aneh saat memulai bisnis di Instagram.

Selain nama yang aneh, hindari juga menggunakan nama Anda pribadi untuk memulai bisnis. Hal ini akan membuat nama bisnis Anda tersamar dengan nama lainnya karena nama manusia cenderung banyak memiliki kesamaan. Dengan menggunakan nama yang unik dan baik, maka akan lebih mudah bagi konsumen untuk menemukan bisnis Anda dalam pencarian mereka.

Tips 2: Hindari Mengunci Akun Bisnis Anda 

Setalah Anda menetapkan nama untuk akun bisnis Anda, maka kesalahan berikutnya yang perlu Anda hindari adalah mengunci akun bisnis Anda. Mengunci akun Instagram adalah salah satu hal yang paling buruk yang pernah terjadi apabila Anda melakukannya. Barangkali Anda berpikir bahwa dengan melakukan cara seperti itu, mereka akan mem-follow akun Anda.

Justru, hal ini sesungguhnya membuat banyak konsumen potensial mungkin malah tidak jadi melihat-lihat produk Anda dan pada akhirnya mereka malah membeli di toko sebelah. Sangat disayangkan bukan?

Untuk mudah memahaminya, dalam dunia bisnis dikenal dengan istilah bahwa konsumen itu adalah raja. Maka dari itu, bukalah pintu selebar-lebarnya untuk para pelanggan potensial tersebut agar mereka dapat melihat-lihat produk yang tersedia di akun Instagram Anda.

Tips 3: Jangan Membuat Post tanpa Caption

Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis online di Instagram mungkin sudah mengerti terkait dengan kedua poin yang telah dijelaskan di atas. Namun, masih sering ditemui bahwa sebagian besar dari mereka tidak menggunakan caption pada postingan Instagram yang mereka jadikan sebagai akun bisnis tersebut.

Tidak peduli seberapa baik dan hebat gambar yang Anda buat, jika gambar tersebut diposting tanpa menggunakan caption, maka apa yang Anda lakukan selama ini akan menjadi sia-sia. Kita mengetahui bahwa Instagram memiliki algoritma untuk membantu Anda agar terhubung dengan orang-orang yang mungkin menjadi konsumen potensial Anda.

Peluang ini tidak akan bisa dimanfaatkan apabila Anda tidak membuat caption pada postingan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi kolom caption jika ingin Instagram membantu untuk meningkatkan engagement dengan calon konsumen Anda.

Tips 4: Jangan Mencuri Konten Akun Instagram Orang Lain

Kesalahan yang satu ini merupakan kesalahan yang paling fatal bagi pebisnis online Instagram. Maka sebab itu, hindarilah sejauh-jauhnya meskipun Anda sempat terbesit untuk melakukannya.

Hal ini bukan berarti karena Anda menyukai konten Instagram orang lain lantas diperbolehkan untuk mempostingnya sesuka hati Anda. Jika Anda ingin melakukan repost, maka pastikan untuk selalu memasukkan atribusi yang tepat untuk akun yang fotonya Anda gunakan.

Tips 5: Jangan Membeli Follower Instagram

Anda telah berada di posisi yang benar untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan di Instagram apabila Anda mampu menghindari semua kesalahan yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, masih saja dari sebagian pelaku bisnis di Instagram yang masih tergoda dengan masalah yang satu ini, yaitu membeli follower agar kelihatan banyak pengikutnya.

Mengembangkan akun bisnis yang Anda miliki di Instagram sudah pasti membutuhkan waktu yang panjang. Janganlah Anda merusaknya dengan hanya karena membeli follower yang pada akhirnya akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan halaman populer di explore orang lain.

Demikianlah tips menghindari berbagai kesalahan ketika berjualan di Instagram. Sebagian mungkin mudah dijalankan dan sebagian yang lainnya mungkin sulit karena alasan-alasan tertentu. Tapi, memang begitulah yang mestinya diterapkan agar Anda tidak tertimpa masalah berkepanjangan pada akun bisnis Anda di Instagram.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel