6 Manfaat Adanya Layanan Live Chat untuk Bisnis

Manfaat Layanan Live Chat

Situs Ekonomi - Biasanya, layanan live chat sendiri hanya dianggap sebagai aplikasi komunikasi instan semata. Padahal, jika aplikasi ini dipasang di platform bisnis Anda, layanan ini tak hanya membuat komunikasi lebih lancar dengan customer tetapi juga bisa meningkatkan keuntungan dan omzet lebih besar.

Apa Saja Fungsi Layanan Live Chat untuk Bisnis?

Berikut beberapa fungsi layanan live chat yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis, di antaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan memasang fitur live chat ini, pilihan layanan customer service (CS) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan pun akan semakin banyak. Lewat fitur ini, pengunjung platform bisnis Anda tak perlu lagi meninggalkan website, sebab dari laman saja mereka bisa langsung menghubungi CS Anda. Para pelanggan tentu akan lebih senang karena lebih mudah menghubungi CS.

2. Menurunkan Bounce Rate

Saat website Anda telah terintegrasi pada layanan analytics, pada Google Analytic misalnya, maka Anda dapat melihat statistik berbentuk bounce rate. Bounce rate tersebut ialah angka yang memperlihatkan traffic pengunjung di website Anda.

Dengan kata lain, semakin tinggi bounce rate-nya, maka para pengunjung di website yang hanya sebentar berkunjung akan semakin tinggi. Hal tersebut tentu saja tidak baik bagi platform bisnis Anda.

Karena itulah dengan fitur live chat yang Anda pasang, maka Anda dapat menurunkan bounce rate tersebut. Oleh karenanya, para pengunjung merasa lebih betah berlama-lama saat mengunjungi platform bisnis Anda.

3. Memperbesar Konversi Penjualan

Dikarenakan pengunjung dapat berlama-lama mengunjungi platform bisnis atau web bisnis Anda, tentu saja peluang konversi penjualan pun menjadi semakin tinggi. Terlebih lagi dengan adanya layanan live chat, di mana pengunjung dapat berkomunikasi secara langsung dengan CS setiap waktu.

Dengan komunikasi langsung tersebut, maka dapat dimanfaatkan oleh CS untuk menawarkan produk lagi kepada para pengunjung web agar menghasilkan konversi. Sebab, biasanya tak sedikit pengunjung yang tertarik dengan salah satu produk Anda, tapi karena mereka bingung akhirnya mereka pun meninggalkannya. Namun dengan adanya fitur live chat ini, para pengunjung dapat menanyakan langsung apa yang mereka belum ketahui, sehingga bisa meningkatkan konversi penjualan produk Anda.

4. Bisa Melihat Aktivitas Para Pengunjung Web

Dengan fitur layanan live chat, maka Anda pun bisa melihat adanya aktivitas pengunjung. Halaman mana yang kerap dijadikan sebagai halaman landas, ataupun halaman yang sering dibuka oleh pengunjung.

Dengan demikian, Anda dapat menyusun strategi dalam meningkatkan kualitas performa web dengan baik. Di samping itu, Anda bisa lebih mudah membuat laporan mengenai aktivitas pengunjung lewat layanan live chat tersebut. Itulah yang akan mempermudah Anda untuk melihat agen CS mana yang telah memberikan respon terbaik pada para pengunjung.

5. Dapat Meningkatkan Loyalitas Customer/Pelanggan

Setiap pemilik usaha tentu ingin memiliki pelanggan setia. Dengan memanfaatkan fitur live chat yang ada, maka Anda dapat memperoleh kepercayaan dengan mudah serta hubungan positif dalam jangka panjang bersama pelanggan Anda.

Hal ini dikarenakan, orang terkadang lebih menyukai toko online atau website dengan layanan non stop 24 jam. Memakai layanan live chat dapat membimbing pelangan kapan saja sampai mereka melakukan pembelian.

6. Lebih Mudah Memperoleh Feedback

Layanan live chat juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh feedback pengunjung, apakah pengunjung merasa puas terhadap layanan yang sudah diberikan. Menariknya, pemilik situs juga bisa lebih mudah untuk memulai percakapan lewat fitur Live Chat melalui chatting undangan.

Itulah 6 fungsi layanan live chat untuk bisnis yang bisa Anda coba demi meningkatkan trafik pengunjung sekaligus meningkatkan konversi penjualan produk Anda. Selamat mencoba!

Gambar oleh Thomas Ulrich dari Pixabay 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel