Siaran Televisi Mestinya Berkualitas

Siaran Televisi Mestinya Berkualitas

Situs Ekonomi - Di era serba teknologi sekarang, unsur pentingnya konten yang berkualitas telah menjadi kebutuhan tersendiri bagi para masyarakat. Masyarakat kini mulai pintar memilah berbagai informasi yang ada dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dulu, orang-orang hanya mengandalkan beberapa media saja dalam menerima informasi yang mereka butuhkan. Sebut saja media yang sering menjadi andalan tersebut adalah surat kabar, radio, atau televisi.

Namun, televisi menjadi primadona bagi orang-orang karena menampilkan informasi berupa perpaduan antara audio dan visual. Dengan perpaduan tersebut, maka pihak penyiar pun dianggap oleh masyarakat telah menciptakan konten yang lebih menarik daripada surat kabar atau radio.

Besarnya minat tersebut menjadikan televisi sebagai konsumsi rumah tangga yang sangat didambakan. Selain sebagai media informasi, televisi juga menjadi media iklan dan media hiburan.

Sayangnya, hiburan-hiburan yang disajikan di televisi terkadang tidak semuanya menampilkan konten yang benar-benar dirasa sangat berkualitas untuk para pemirsa yang menyaksikannya. Dengan demikian, tentu ini akan mempengaruhi pola kehidupan masyarakat yang menontonnya.

Ambil contoh saja dari para kalangan anak-anak. Para anak-anak yang sering menonton televisi kerap kali mencontohi dari apa yang mereka lihat. Sebab, mereka belajar tidak hanya dari lingkungan sekitar, tapi juga televisi tersebut.

Jika pihak penyiar malah menyiarkan berbagai konten yang tidak pantas bagi para anak-anak, bukan tidak mungkin mereka akan mengikutinya. Jika hal ini terjadi, tentu akan berdampak pada masalah sosial terhadap anak-anak tersebut di kemudian hari.

Oleh karena itu, khususnya bagi pihak penyiar, diharapkan bisa lebih menciptakan berbagai konten tontonan yang berkualitas untuk para pemirsanya. Ini juga tidak berlaku hanya untuk anak-anak, tapi untuk segala umur yang menyaksikan televisi dalam sehari-hari mereka.

Meskipun terdapat berbagai siaran lain, namun para pencari informasi tetap dirasa masih dibatasi untuk mencari informasi di televisi, ketimbang mencari melalui internet. Dengan kelemahan tersebutlah, maka perlunya setiap konten yang diciptakan oleh para penyiar haruslah berkualitas.

Sebagai media informasi berita dan hiburan, televisi juga memiliki peran dalam pembelajaran bagi para pemirsanya. Dengan pertimbangan pentingnya konten yang berkualitas sebelum membuat suatu siaran, maka diharapkan siaran tersebut selain menarik, juga informatif sekaligus layak untuk ditayangkan.

Pemerintah pun sebenarnya telah memiliki badan untuk mengawasi berbagai siaran yang disiarkan di setiap televisi nasional. Mereka bisa melakukan tindakan seperti menegur pihak penyiar, bahkan membubarkan siaran televisi yang dianggap sangat tidak berkualitas.

Meskipun sebagai salah satu lembaga negara, namun ruang gerak mereka pun cukup terbatas untuk melakukan setiap tindakan. Pengaduan masyarakat merupakan energi bagi mereka untuk bisa melakukan hal ataupun tindakan yang seharusnya dilakukan.

Jadi, jika masyarakat tidak melakukan pelaporan terhadap berbagai konten yang tidak berkualitas, maka lembaga negara tersebut pun tidak akan bergerak, karena mereka beranggapan bahwa konten yang ditayang tersebut masih wajar dan diminati oleh masyarakat. Oleh sebab itu, untuk menciptakan impian dalam menciptakan konten yang berkualitas, peran masyarakat sebagai pengguna pun sangat dibutuhkan. Dengan terciptanya kerja sama antara para masyarakat dan juga pemerintah, maka meminta para penyiar membikin siaran dengan mengutamakan pentingnya konten yang berkualitas sepertinya tidaklah susah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel