Apa Saja Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup? Berikut Ulasannya ...

Bekerja di Perusahaan Startup

Situs Ekonomi - Saat melamar pekerjaan di perusahaan startup, kamu akan berpikir keuntungan bekerja di perusahaan tersebut apa. Ini karena perusahaan startup belumlah menjadi sebuah perusahaan yang besar seperti lainnya.

Namun, itu tidak berlaku untuk beberapa startup yang sudah mulai duluan dan memiliki pasar tersendiri. Sayangnya, ini hanya baru sebagian kecil, masih banyak startup yang baru mulai dan belum bisa seperti startup-startup tersebut.

Tapi jangan khawatir, justru dengan begitu kamu bisa membangun pengalaman baru bersama perusahaan baru tersebut. Tentu, nantinya kesan dan pengalaman kamu akan berbeda ketika bergabung dengan perusahaan yang sudah lama dibandingkan dengan perusahaan startup yang baru saja memulai bisnisnya.

Dengan begitu, pengalaman yang akan kamu dapatkan benar-benar berharga, sebab tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan bekerja seperti itu. Ada berbagai pertimbangan yang bisa kamu jadikan patokan untuk memutuskan bekerja di perusahaan tersebut, yakni apa saja keuntungan bila kita bekerja di perusahaan startup.

Pertama, mungkin kamu akan dituntut untuk bekerja lebih daripada biasanya untuk mengembangkan startup tersebut. Kedengarannya memang berat, tapi dari situ kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik dan sangat berharga. Jika pun kamu nantinya memutuskan untuk berhenti dan mencari pekerjaan di tempat lain, maka pengalamanmu itu bisa kamu gunakan dan cantumkan ke dalam portofolio lamaran kerja barumu.

Selanjutnya yang kedua adalah suasana pekerjaan yang tidak seformal seperti perusahaan besar lainnya. Perusahaan startup kebanyakan lebih sering membebaskan para karyawannya supaya bisa menggali eksplorasi kreativitas yang tak terbatas. Dengan begitu, diharapkan tidak ada beban bagi para karyawan ketika bekerja nantinya. Jika tidak ada sesuatu yang mengganjal, tentu akan lebih mudah dalam menemukan ide-ide yang relevan yang sedang dipikirkan.

Ketiga adalah suasana kekeluargaan antar para karyawan. Perusahaan startup biasanya tidak memiliki karyawan dalam jumlah yang banyak seperti layaknya perusahaan besar. Dengan sedikitnya jumlah karyawan yang bekerja, maka interaksi antara satu dengan lainnya akan lebih sering menimbulkan suatu hubungan yang dekat, dan menciptakan suasana kekeluargaan antara satu dengan lainnya. Selain itu, tingkatan jabatan seolah tidak ada sama sekali karena semua anggota tim adalah sama meskipun memiliki job masing-masing yang saling berbeda.

Dengan demikian, tidak ada lagi anggapan seseorang yang penting atau tidak penting dalam perusahaan tersebut. Hal ini mungkin masih sering terjadi di perusahaan besar, sehingga terkadang pihak perusahaan tergantung pada orang-orang tertentu.

Namun, itu berbeda dengan perusahaan startup. Di sana, semua anggota tim dinilai memiliki andil besar dalam kemajuan perusahaan startup itu sendiri. Jadi, mungkin nanti bisa kebayang kamu akan lebih sering melakukan brainstorming dengan yang lainnya untuk menggali berbagai ide menarik untuk perusahaan startup yang bersangkutan.

Lalu, sebuah perusahaan startup bisa menjadi perusahaan yang cukup menjanjikan baik dalam waktu dekat maupun waktu lama, tergantung dari kinerja perusahaan startup itu sendiri. Jika bekerja dengan baik, bukan tidak mungkin akan diberi suntikan modal yang lebih besar atau diakuisisi oleh perusahaan besar lainnya. Jadi jangan khawatir, justru bekerja di perusahaan startup memiliki peluang yang cukup besar daripada hanya bekerja di perusahaan lama yang besar.

Setelah memiliki ilmu atau bekal yang cukup dari situ, jika kamu mau, kamu pun bisa membuat perusahaan startup sesuai seleramu dan yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Dari tindakan tersebut, maka kamu pun sudah memanfaatkan keuntungan bekerja di perusahaan startup yang sudah dijelaskan tadi.

Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel