Cara Berbisnis Tas Handmade bagi Pemula

Cara Berbisnis Tas Handmade

Situs Ekonomi - Apakah Anda mempunyai keahlian menjahit atau merajut? Maka jangan sia-siakan keahlian itu. Keahlian yang Anda miliki tersebut dapat menghasilkan uang lho, salah satunya dengan membuat tas handmade.

Tas handmade saat ini semakin diminati karena dinilai memiliki desain yang unik dan eksklusif. Jika Anda berniat mengomersialkan keahlian Anda tersebut, maka berikut inilah caranya.

Pilihlah Bahan yang Unik dan Berkualitas

Salah satu alasan mengapa tas handmade digemari adalah karena jenis bahan yang digunakan memiliki banyak jenis dan menghasilkan produk akhir yang unik. Terdapat banyak jenis kain yang bisa Anda gunakan, antara lain kain perca, benang rajut, kain atau bahan kanvas, kain atau bahan denim (jeans), dan kain atau bahan beludru.

Anda dapat memilih bahan yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki dalam membuat tas handmade. Pastikan pula jika Anda sudah menentukan jenis bahan yang akan digunakan, pilihlah bahan dengan kualitas terbaik agar kualitas produknya tahan lama.

Buatlah Desain yang Menarik

Setelah Anda menentukan bahan yang digunakan, sekarang Anda harus menentukan desain tas apa yang ingin dibuat. Umumnya, jenis tas handmade yang biasa dibuat adalah handbag, sling bag, dan tote bag.

Sebenarnya Anda juga bisa membuat tas punggung handmade, tetapi hal itu cukup rumit dan membutuhkan bahan dan ketelitian yang lebih. Sebagai pemula, Anda cukup memulainya dari yang sederhana dulu, kemudian ketika skill Anda sudah terasah maka lanjutkan ke hal-hal yang lebih rumit. Namun, yang menjadi kunci keberhasilan dari bisnis ini adalah desain yang menarik dan unik agar lebih dapat menyita perhatian publik untuk membeli.

Mengenai hal ini, Anda dapat menambahkan gambar dan tulisan tertentu di tas handmade agar memiliki tampilan yang lebih estetik. Biasanya, tidak semua jenis bahan dapat dijadikan tas handmade; jadi pastikan Anda mengetahui kelebihan jenis bahan yang Anda pilih.

Tetapkan Harga yang Bersaing dan Masuk Akal

Langkah berikutnya adalah menetapkan harga dari tas handmade yang telah Anda buat. Tetapkan harga yang bersaing dan masuk akal agar dapat diterima di pasaran.

Jika Anda bingung dalam menentukan harga yang sesuai, Anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu. Anda dapat melihat harga dari produk dengan jenis yang sama yang sudah banyak dijual di situs online. Setelah itu, Anda dapat memasukkan aspek jenis bahan, kualitas, dan nilai keunikan desain sebagai nilai tambah dalam harga produk tas handmade Anda.

Promosikan dengan Biaya yang Minimal

Di era sekarang, Anda dapat melakukan upaya promosi produk usaha dengan mudah, bahkan gratis. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan media sosial.

Anda dapat membuat akun untuk menjual produk Anda di media sosial dengan gratis. Media sosial Facebook dan Instagram dinilai menjadi media sosial yang sesuai untuk kegiatan promosi produk usaha.

Pastikan Anda memasang gambar yang jelas dan informasi produk yang lengkap di setiap unggahan produk yang ingin dijual. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform marketplace yang banyak berkembang saat ini. Media sosial dan marketplace adalah platform promosi produk Anda dengan biaya yang sangat minimal.

Mintalah Review atau Testimoni Pembeli

Langkah terakhir dalam berbisnis tas handmade adalah mengunggah berbagai review atau testimoni dari produk yang sudah dijual di media sosial yang Anda punya. Salah satu aspek dari keberlangsungan suatu bisnis adalah kepuasan pelanggan atau konsumen.

Oleh karena itu, review produk tidak boleh Anda lupakan. Di platform marketplace, biasanya sudah terdapat menu atau kolom ulasan produk yang dibeli. Jadi, pastikan Anda membuat produk tas handmade yang benar-benar bagus, fungsional, dan berkualitas.

Gambar oleh Prinya Uechuvoranont dari Pixabay 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel