Franchise Kuliner dan Properti: 5 Rekomendasi Bisnis untuk Para Pensiunan

Rekomendasi Bisnis untuk Pensiunan

Situs Ekonomi - Masa pensiun ialah masa di mana seseorang sudah tak lagi bekerja mengingat faktor usia yang sudah lanjut, jadi harus diberhentikan. Akan tetapi, bukan berarti di masa-masa ini Anda harus berhenti produktif.

Anda masih harus tetap memikirkan kebutuhan finansial atau ekonomi untuk menyambung sisa hidup Anda. Karena alasan itulah, para pensiun bisa menjalani usaha/bisnis supaya mampu meningkatkan kreativitas dan tetap produktif.

Rekomendasi Bisnis Franchise Kuliner untuk Para Pensiunan

Bisnis kuliner bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak akan lekang dimakan oleh waktu. Karenanya, usaha kuliner sangat pas jika dijalankan oleh para pensiunan. Berikut rekomendasi bisnis kuliner yang cocok bagi para pensiunan, di antaranya:

1. Menjual Martabak Kekinian

Membuat martabak sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Selain itu, bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan.

Di masa pensiun, Anda bisa membuka usaha jualan martabak karena tak memerlukan modal besar. Untuk menjalankan usaha ini, Anda bisa menambah topping martabak kekinian yang lebih bervariasi, seperti martabak topping keju, topping oreo, dan sebagainya untuk menarik minat para pembeli.

2. Membuka Bisnis Es Krim

Saat masa pensiun, di mana usia sudah tidak lagi muda, pastinya Anda harus menyiasati usaha, misalnya dengan membuka usaha yang tak memerlukan modal banyak, tak menguras tenaga dan waktu banyak. Layaknya usaha es krim, ini sangat cocok bagi para pensiunan.

Bisnis jualan es krim adalah bisnis franchise yang paling pas bagi pensiunan, mengingat bisnis yang satu ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengasah kreativitas. Anda dapat mengolahnya menjadi es krim yang memiliki tampilan menarik dan lebih lezat.

3. Usaha Jual Batagor dan Siomay Kekinian

Jajanan seperti batagor dan siomay masih menjadi pilihan kuliner favorit bagi anak-anak hingga dewasa. Untuk memproduksi batagor dan siomay juga tak memerlukan waktu lama dan cukup mudah.

Di samping itu, usaha ini tak memerlukan modal yang berjumlah banyak. Anda juga dapat mengkreasikan batagor dan siomay dengan berbagai isian atau saus, sehingga memberikan nilai tersendiri dan bisa menarik minat pembeli.

Rekomendasi Bisnis Properti untuk Para Pensiunan

Selain bisnis kuliner, Anda juga bisa mencoba bisnis-bisnis lainnya yang dapat dijalankan menjelang masa pensiun atau pasca pensiun. Berikut ulasannya:

4. Usaha Rumah Kontrakan atau Kosan

Jika di masa pensiun Anda mendapatkan uang pesangon dari tempat kerja yang jumlahnya cukup menggiurkan, maka tak ada salahnya jika mencoba bisnis usaha kosan atau rumah kontrakan. Usaha ini memang menawarkan keuntungan besar yang dapat dinikmati dalam jangka waktu yang sangat panjang. Tapi, untuk menjalankannya memang memerlukan modal yang cukup banyak.

Untuk lebih mempermudah Anda, seharusnya bisnis ini sudah dipersiapkan sebelum memasuki pensiun atau menjelang masa pensiunan. Anda bisa menyisihkan uang saat bekerja sebagai modal bisnis untuk mempersiapkan diri menjelang masa pensiunan. Setelah waktu pensiunan tiba dan bisnis rumah kontrakan atau kosan sudah siap, Anda tinggal menunggu hasil sewa kontrakan atau kosan tersebut.

5. Membuka Bimbingan Belajar Setelah Pensiunan

Bisnis untuk menjelang masa pensiunan lainnya ialah membuka usaha bimbingan belajar (bimbel). Ini sangat cocok, terutama bagi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, jadi di waktu-waktu pensiun Anda bisa membuka usaha bimbel ini.

Jenis usaha ini mempunyai prospek yang baik untuk dijalankan, apalagi bagi yang tinggal di area perkotaan, serta mempunyai kredibilitas baik. Sebab, saat ini ada banyak lembaga bimbingan belajar yang bermunculan dengan harga yang cukup mahal. Anda pun bisa menawarkan usaha bimbel dengan harga yang lebih bersaing.

Demikian ulasan tentang franchise kuliner untuk para pensiunan beserta dengan bisnis properti yang dapat dijalankan bagi Anda yang sebentar lagi akan memasuki masa-masa pensiun. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat buat saya pribadi dan Anda sekalian!

Gambar oleh pasja1000 dari Pixabay

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel