Ingin Berbisnis? Inilah 3 Bisnis UKM yang Cocok untuk Pegawai

Bisnis UKM untuk Pegawai

Situs Ekonomi - Berbisnis sudah menjadi aktivitas umum yang dilakukan oleh banyak orang, baik dalam skala kecil maupun besar. Pelaku bisnisnya pun bisa berasal dari berbagai kalangan, salah satunya adalah pegawai.

Menjadi pegawai di sebuah kantor atau perusahaan (negeri atau swasta) tidak menutup kemungkinan untuk berkesempatan berbisnis. Pegawai yang melakukan kegiatan bisnis, biasanya, untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan (tabungan). Jika Anda adalah seorang pegawai dan tertarik untuk berbisnis, maka berikut adalah bisnis UKM (usaha kecil dan menengah) yang cocok untuk Anda.

Bisnis Pakaian

Bisnis pertama yang dapat dilakukan oleh pegawai adalah berbisnis dan berdagang pakaian (baju, celana, outwear, kain, kerudung, dll). Bisnis ini masih menjadi bisnis yang menguntungkan karena pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia.

Anda bisa menjual pakaian yang berfokus pada gender, usia, atau mode tertentu, seperti menjual pakaian pria, pakaian bayi, atau busana muslim. Anda juga bisa menjual semua tipe pakaian untuk segala usia dan gender guna meraih lebih banyak keuntungan.

Bisnis Sepatu

Selanjutnya, bisnis UKM yang cocok untuk pegawai adalah berbisnis sepatu. Sepatu saat ini tidak hanya sekadar alas kaki. Sepatu juga menjadi salah satu pernyataan (statement) dari gaya berbusana banyak orang.

Dalam berbisnis sepatu, Anda dapat fokus pada produksi sepatu formal maupun kasual, karena dua jenis sepatu tersebut adalah produk yang sering dicari dan dipakai. Berbisnis sepatu membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi, jadi pastikan Anda serius jika menggeluti bisnis ini.

Bisnis Makanan

Jika Anda suka memasak, maka bisnis makanan adalah bisnis yang tepat. Pastikan Anda menyajikan menu dengan bahan yang terbaik dan segar.

Selain itu, pastikan proses memasak serta pengemasan dilakukan dengan higienis. Menu dengan cita rasa pedas saat ini menjadi favorit banyak orang.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan, apalagi jika Anda adalah seorang pegawai. Hal pertama adalah pastikan kegiatan bisnis yang Anda lakukan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai seorang pegawai.

Ingat, profesi utama Anda adalah seorang pegawai; Anda mempunyai ikatan kerja dan komitmen untuk berkembang bersama perusahaan di mana Anda bekerja. Lakukan bisnis Anda saat Anda selesai dengan pekerjaan utama Anda atau rekrut 1-2 orang pegawai untuk membantu bisnis Anda.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah lakukan proses bisnis dan dagang dengan kejujuran. Juallah produk yang berkualitas bagus dan juallah produk yang memiliki harga yang masuk akal dengan kualitas produk yang dijual. Ketidakjujuran akan berpengaruh pada reputasi Anda sebagai seorang pebisnis, dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap nama baik perusahaan tempat Anda bekerja.

Hal terakhir yang menjadi fokus dalam bisnis UKM yang cocok untuk pegawai adalah perihal segmen pasar. Jika Anda fokus pada segmen tertentu, maka Anda tidak akan membutuhkan modal yang terlalu besar karena jangkauan pasarnya memiliki target tertentu. Dari segi pemasaran dan penjualan juga akan memudahkan.

Namun, tentu saja, kemungkinan keuntungan lebih yang didapatkan dari jangkauan pasar yang bertarget tertentu tidak akan terlalu besar. Jika Anda menjual untuk segala target, maka Anda membutuhkan modal yang besar, dan pastinya strategi pemasaran yang lebih luas lagi. Perihal kemungkinan keuntungan yang didapat akan lebih besar, sebenarnya hal itu tergantung pada strategi penjualan Anda.

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel