5 Langkah Pendekatan Activity Based Costing yang Perlu Diketahui

5 Langkah Pendekatan Activity Based Costing yang Perlu Diketahui

Situsekonomi.com - Activity based costing (ABC) adalah pendekatan perhitungan analisis biaya yang membantu manajemen untuk menganalisis dasar perhitungan biaya secara lebih bermanfaat, menginformasikan aktivitas seluruh bagian organisasi yang memberikan gambaran lebih jelas terhadap hubungan antara aktivitas dan biaya. Selain itu, ABC merupakan dasar upaya untuk memahami pola perilaku seluruh jenis biaya organisasi yang menghubungkan biaya operasi dalam sebuah rantai nilai agar manajemen mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong terjadinya pengeluaran serta memfokuskan diri pada jenis biaya kunci, dan selanjutnya mengelola biaya tersebut secara lebih efektif (Rochaety, 2007: 3-4).

Baca Juga: Contoh Kasus Pelanggaran Etika Bisnis PT Megasari Makmur

Langkah-langkah pendekatan ABC adalah sebagai berikut:

1. Definisikan produk, yaitu membuat basis perhitungan harga dan profitabilitas produk.

2. Tetapkan struktur biaya, yaitu membagi biaya ke dalam empat kelompok, yakni biaya langsung, biaya tidak langsung, overhead jasa dan overhead umum.

3. Tentukan pendorong proses, yaitu melalui alokasi dua langkah, pertama menggunakan angka pendorong dengan membagikan biaya-biaya dalam suatu kelompok aktivitas; kedua, membagikan biaya aktivitas kepada produk.

Baca Juga: Fraksi Harga dan Batasan Perubahan Harga Saham

4. Tahap implementasi rencana, meliputi definisi produk, pembuatan kode, pemetaan produk (menghubungkan pusat biaya dan buku besar ke dalam produk), pengembangan, perancangan, dan pengujian program penetapan biaya.

5. Dukungan top manajemen, yaitu kebijakan atau keputusan strategis top manajemen untuk mengimplementasikan ABC serta me-review pengaruh metode ini terhadap tingkat profitabilitas dan pencapaian kinerja perusahaan.

Itulah pembahasan ringkas seputar Langkah-langkah pendekatan activity based costing (ABC). Semoga dengan adanya informasi ini dapat memperluas wawasan kita. Terimakasih dan sampai ketemu kembali!

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah Pendekatan Activity Based Costing yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel