Analisis SWOT: Pelajari dan Kemudian Terapkan pada Bisnis Anda!

Analisis SWOT: Pelajari dan Kemudian Terapkan pada Bisnis Anda! 

Situs Ekonomi - Analisis SWOT (strength, weakness, opportunities and threats) merupakan sebuah teknik perencanaan strategi untuk menganalisis peluang dari suatu usaha maupun kepribadian. Lalu, apa pentingnya melakukan analisis SWOT dalam bisnis?

Analisis SWOT sendiri mengacu pada faktor-faktor di dalam dan luar perusahaan yang mungkin akan memengaruhi rencana bisnis yang ingin Anda jalankan. Tentunya, analisis ini tidak hanya dilakukan sekali saja. Setiap memiliki rencana bisnis baru, Anda harus membuat analisis yang baru pula.

Faktor-faktor dalam Analisis SWOT

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam pembuatan analisis SWOT. Pertama adalah faktor Internal, dalam pemilahan analisis ini adalah strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) yang merupakan hal-hal terkait kemampuan perusahaan. Kedua adalah faktor eksternal yang terbagi atas opportunities (peluang) dan threats (ancaman), yang mana keduanya berasal dari luar kondisi perusahaan.

Strength

Faktor ini melihat berbagai hal yang dimiliki atau bisa dilakukan oleh perusahaan dan memberikan pengaruh positif pada rencana yang ingin dijalankan. Ada beberapa tolok ukur yang bisa digunakan untuk melihat faktor ini, antara lain keunikan perusahaan, kekuatan yang ada, kondisi finansial perusahaan, serta bagaimana pandangan positif konsumen terhadap perusahaan. Tentu saja, berusaha jujur dan tidak melebih-lebihkan kemampuan perusahaan adalah kunci dari poin ini.

Weakness

Faktor ini melihat hal-hal dari perusahaan yang bisa jadi menghambat rencana bisnis yang hendak dijalankan. Untuk menganalisis hal ini bisa dilakukan sama seperti analisis kekuatan.

Anda juga bisa menambahkan hal-hal yang belum dilakukan oleh perusahaan kompetitor, namun belum pula dilakukan di perusahaan Anda. Dengan demikian, hal-hal negatif dari perusahaan menjadi penyeimbang analisis yang perlu diperhatikan dalam analisis SWOT.

Opportunities

Opportunity memetakan momentum atau kemungkinan-kemungkinan positif apa saja yang bisa membuat rencana bisnis Anda berhasil. Misalnya saja dengan melihat momentum apapun itu yang cocok untuk dijadikan sebagai rencana perusahaan Anda, atau bagaimana kondisi tren pasar yang sesuai dengan rencana tersebut.

Anda juga dapat memanfaatkan momentum tahunan, seperti hari raya atau hari besar yang sesuai dengan rencana bisnis tersebut. Kuncinya adalah mencari waktu yang paling tepat agar rencana yang telah Anda tetapkan untuk perusahaan Anda dapat sukses diterima oleh pasar

Threats

Faktor dari luar lainnya adalah ancaman. Dalam konteks bisnis, faktor ini umumnya datang dari kompetitor. Ada banyak hal yang bisa Anda petakan, misalnya mengamati kondisi ekonomi pasar atau melihat bagaimana kompetitor Anda, apakah sudah atau belum melakukan seperti rencana perusahaan Anda.

Selain dari kompetitor, peraturan pemerintah juga bisa menjadi hambatan atau ancaman lainnya yang dapat mengganggu jalannya rencana Anda. Faktor ini mungkin akan cukup susah dipetakan, sehingga Anda perlu untuk melihat secara seksama kondisi di luar perusahaan Anda. Umumnya, kegagalan analisis ini terjadi karena kurang jeli melihat realita sebenarnya yang pada akhirnya menjadi ancaman bagi rencana bisnis Anda.

Menerapkan Analisis SWOT dalam Bisnis Anda

Dengan memetakan keempat hal di atas, Anda bisa menemukan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi dari rencana bisnis Anda. Setelah melihat faktor-faktor tersebut, Anda bisa menganalisis seberapa besar keberhasilan dari rencana bisnis tersebut. Yang perlu diketahui di sini adalah bahwa analisis SWOT tersebut dapat dilakukan di berbagai macam bisnis, baik itu perusahaan besar ataupun usaha kecil-kecilan sekalipun.

BACA JUGA:

Tujuan dari analisis ini sebenarnya adalah untuk meminimalisir kegagalan rencana bisnis yang diakibatkan oleh terlalu ambisiusnya kita dalam menjalankan suatu ide. Dengan membuka diri pada keempat faktor di atas, Anda bisa menilai sendiri sejauh mana berjalannya bisnis Anda saat ini. Oleh karena itu, Anda dapat mengurangi kerugian akibat rencana kerja yang tidak diperhitungkan dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Analisis SWOT: Pelajari dan Kemudian Terapkan pada Bisnis Anda!"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel