Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis SWOT: Pelajari dan Terapkan pada Bisnis Anda!

Analisis SWOT: Pelajari dan Terapkan pada Bisnis Anda!

Analisis SWOT (strength, weakness, opportunities and threats) merupakan sebuah teknik perencanaan strategi untuk menganalisis peluang dari suatu usaha maupun kepribadian. Lalu, apa pentingnya melakukan analisis SWOT dalam bisnis?

Analisis SWOT sendiri mengacu pada faktor-faktor di dalam dan luar perusahaan yang mungkin akan mempengaruhi rencana bisnis yang ingin Anda jalankan. Tentunya, analisis ini tidak hanya dilakukan sekali saja, setiap memiliki rencana bisnis baru Anda harus membuat analisis yang baru pula.

Faktor-faktor dalam Analisis SWOT

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam pembuatan analisis SWOT. Pertama adalah faktor Internal, dalam pemilahan analisis ini terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) yang merupakan hal-hal terkait kemampuan perusahaan.

Kedua adalah faktor eksternal yang terbagi atas opportunities (peluang) dan threats (ancaman) yang mana keduanya berasal dari luar kondisi perusahaan. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai faktor-faktor tersebut:


1. Strength

Faktor ini melihat berbagai hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan dan memberikan pengaruh positif pada rencana yang ingin dijalankan. Ada beberapa tolok ukur yang bisa digunakan untuk melihat faktor ini, antara lain keunikan, kondisi finansial, dan pandangan positif konsumen terhadap perusahaan.

2. Weakness

Faktor ini melihat hal-hal dari perusahaan yang dapat menghambat rencana bisnis. Untuk menganalisisnya, Anda perlu menambahkan beberapa hal yang belum dilakukan oleh kompetitor, tetapi belum pula diterapkan oleh perusahaan Anda.

3. Opportunities

Opportunity yang dimaksud adalah memetakan momentum atau kemungkinan-kemungkinan positif apa saja yang bisa membuat rencana bisnis Anda berhasil. Mengenai hal ini, Anda sebaiknya memanfaatkan momentum tahunan, seperti momen liburan, hari raya, natal, tahun baru, dan hari-hari spesial lainnya.

4. Threats

Faktor dari luar lainnya adalah ancaman. Dalam konteks bisnis, faktor ini umumnya datang dari kompetitor. Ada banyak hal yang bisa Anda petakan, mulai dari mengamati kondisi ekonomi hingga melihat sejauh mana pergerakan kompetitor.


Selain dari kompetitor, peraturan pemerintah juga bisa menjadi hambatan atau ancaman lainnya yang dapat mengganggu jalannya rencana Anda. Faktor ini mungkin akan cukup sulit untuk dipetakan sehingga perlu melihat secara seksama kondisi di luar perusahaan Anda.

Menerapkan Analisis SWOT dalam Bisnis Anda

Setelah melihat faktor-faktor tersebut, Anda dapat menganalisis seberapa besar keberhasilannya. Hal yang perlu diketahui di sini adalah bahwa analisis SWOT dapat dilakukan di berbagai macam bisnis, baik itu perusahaan besar ataupun usaha kecil-kecilan sekalipun.

Tujuan dari analisis ini sebenarnya untuk meminimalisir kegagalan rencana bisnis yang diakibatkan oleh terlalu ambisiusnya seseorang dalam menjalankan suatu ide. Dengan membuka diri pada keempat faktor di atas, Anda bisa menilai sendiri sejauh mana berjalannya bisnis Anda saat ini.

Demikianlah informasi mengenai analisis SWOT dan mengapa harus diterapkan ke dalam bisnis. Nantinya, hasil dari analisis tersebut dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan, mengurangi kelemahan, mempertahankan peluang, dan menghindari potensi ancaman.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs
 Billionaire Coach