Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Caranya agar Produk Lokal Buatan Anda Bisa Go-Global

Begini Caranya agar Produk Lokal Buatan Anda Bisa Go-Global

SitusEkonomi.Com - Setiap pebisnis pastinya memiliki goal tersendiri akan bisnis mereka. Bagi pebisnis yang sudah sukses di tanah air, pastinya juga ingin bisnis mereka bisa go-internasional.

Untuk membuat produk bisa dikenal di dunia bukanlah perkara yang mudah, terlebih harus menghadapi persaingan global. Nah, buat kamu pebisnis lokal yang ingin agar produk lokal bisa go-global ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini:

Buat Rencana yang Matang

Untuk bisa mengembangkan bisnis ke luar negeri harus ada strategi dan skill dalam berbisnis. Untuk itu, diharuskan adanya strategi bisnis yang matang.

Selain itu, rekan kerja juga harus yakin bahwa mereka menjalin kerjasama dengan orang yang tepat. Namun demikian, membuat rencana bisnis yang matang adalah langkah awal untuk memperluas bisnis Anda.

Pilih Pasar Sasaran

Pasar Indonesia, pastinya tidak sama dengan pasar internasional. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengenalkan produk kamu ke kancah dunia, pastikan melakukan penelitian akan pasar internasional. Hal paling terpenting adalah targetkan ke mana produk kamu akan diekspor dan kenali apa saja resiko yang mungkin terjadi.

Dalam menentukan target pasar, hal itu dapat diketahui berdasarkan produk kamu sendiri. Untuk produk yang limited, berkualitas dan harga di atas rata-rata, mungkin pasaran Eropa, Amerika dan negara setaranya bisa kamu pilih. Namun, untuk produk yang biasa, harga rendah dan kualitas low-end, mungkin kamu bisa memilih beberapa negara di Asia, seperti Cina, India dan lain sebagainya.

Ciptakan Produk yang Kreatif Sesuai Tren Pasar

Masyarakat tentu ingin produk yang unik dan kreatif. Oleh karena itu, ciptakan produk yang inovatif, unik dan terbaru, namun tetap sesuaikan dengan tren yang ada di pasaran global.

Maka dari itu, selalu kenali tren apa saja yang sedang booming di dunia. Hal ini sangat penting karena akan menjadi modal untuk bisa ekspor produk lokal kamu ke luar negeri.

Masyarakat akan lebih tertarik pada produk yang sedang tren dibandingkan produk biasa, walaupun harganya murah. Pasalnya, masyarakat berpikir bahwa kalau memiliki produk tersebut akan dianggap setara dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

Buat Produk dengan Kualitas Tinggi

Produk dengan kualitas tinggi akan sangat dicari oleh banyak orang. Walaupun berharga mahal, mereka rela mengeluarkan uang untuk produk berkualitas.

Agar kamu bisa mengetahui apakah produk tersebut berkualitas ataukah tidak, maka perlu adanya ulasan dari konsumen. Dengan begitu, pasar internasional bisa mengevaluasi dan menilai produk kamu, sehingga bisa diterima baik oleh masyarakat global.

Untuk lebih menyakinkan mereka akan kualitas dari produk yang kamu tawarkan, buatlah produk kamu menjadi eksklusif atau terbatas. Jumlah bisa kamu batasi, misalnya 5 hingga 10 produk saja per itemnya.

Jangan lupa juga untuk memasarkan di media publikasi. Ketika kamu ingin mempublikasikannya, gunakanlah foto asli dengan resolusi tinggi dan copywriting yang menjual. Dengan trik ini, tidak hanya menyakinkan masyarakat global, tetapi juga membuat mereka lebih penasaran sehingga ada rasa ketertarikan untuk membeli produk yang eksklusif dibandingkan produk dengan jumlah banyak.

Bangun Relasi yang Baik

Bisnis kamu tidak akan berjalan tanpa adanya relasi yang baik. Maka dari itu, perluaskanlah relasi kamu jika ingin memasarkan produk lokal ke pasaran internasional.

Mencari relasi memang tidak mudah, tapi tidak terlalu sulit jika kamu memiliki komunikasi yang baik. Kalau sudah menemukan relasi yang baik, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti modal tambahan, kerjasama hingga media periklanan atau promosi.

Tentu saja, relasi yang luas akan semakin mudah buat kamu untuk bisa memperbesar bisnis yang ada saat ini. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa produk lokal bisa dikenal di kancah dunia.

BACA JUGA:

Nah, sudah siapkah kamu menuju panggung internasional? Trik ini akan menjawab tantanganmu untuk mewujudkan mimpi yang besar itu. Salam sukses dan semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Begini Caranya agar Produk Lokal Buatan Anda Bisa Go-Global"