Good Corporate Governance: Pengertian, Prinsip, dan Syarat-syaratnya

Good Corporate Governance: Pengertian, Prinsip, dan Syarat-syaratnya

Situsekonomi.com - Good corporate governance (GCG) adalah seperangkat peraturan yang menetapkan hubungan antara pemerintah, lembaga legislatif, rakyat beserta segenap stakeholder lainnya sehubungan dengan hak dan kewajibannya (Sidabutar, 2001). Mengingat GCG dalam hal ini ditujukan bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maka batasan GCG menurut diktum Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-117/M-MBU/2002 tanggal 1 Agustus 2002, yaitu suatu proses dan struktur yang digunakan oleh organ BUMN untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan guna mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang dengan tetap memerhatikan kepentingan stakeholder lainnya, berlandaskan peraturan perundang-undangan dan nilai-nilai etika.

Prinsip-prinsip GCG yang dimaksud dalam keputusan tersebut meliputi hal berikut:

1. Transparansi (transparency)
Keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil yang relevan mengenai perusahaan.

2. Kemandirian (independence)
Suatu keadaan di mana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh atau tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

3. Akuntabilitas (accountability)
kejelasan fungsi, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban organ sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.

4. Pertanggungjawaban (responsibility)
kesesuaian dalam pengelolaan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

5. Kewajaran (fairness)
Keadilan dan kesetaraan dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun syarat penegakan good corporate governance adalah sebagai berikut:

  1. Budaya perusahan,
  2. Kode etik (bersih, transparan, dan profesional/BTP),
  3. Human capital yang kompeten, dan
  4. Adanya keyakinan bahwa GCG dimulai dari individu kemudian organisasi.

Itulah pembahasan kita tentang pengertian, prinsip dan syarat dari good corporate governance. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat beraktivitas!

Belum ada Komentar untuk "Good Corporate Governance: Pengertian, Prinsip, dan Syarat-syaratnya"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel