Karir yang Sukses Tergantung pada Kemampuan Adaptasi

Karir yang Sukses Tergantung pada Kemampuan Adaptasi

Situs Ekonomi - Menjalankan atau memulai suatu pekerjaan tidak melulu hanya didasarkan pada nilai atau angka-angka yang tertulis pada laporan kelulusan saja. Ilmu yang didapat pada jenjang pendidikan formal memang bisa menjadi pedoman, seberapa banyak pengetahuan yang anda miliki.

Namun, begitu Anda memasuki dunia kerja, angka-angka tersebut menjadi tidak berarti bila Anda tidak memiliki kemampuan lebih. Kemampuan lebih ini dapat berupa pandangan yang luas, ilmu pengetahuan di bidang lain, soft skill, serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja ini menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar bisa bertahan lama dan betah di tempat kerja Anda. Jika Anda tidak berhasil melakukan adaptasi, maka Anda bisa cepat bosan dan jenuh menjalankan pekerjaan Anda.

Adaptasi menjadi hal yang akan membuat Anda memahami lebih dalam mengenai dunia kerja Anda. Mulai dari jam kerja, pola komunikasi di tempat kerja, pola-pola pembagian tugas, pola-pola pekerjaan yang harus Anda jalani setiap hari, serta pola-pola interaksi dengan rekan kerja dan atasan.

Beberapa hal yang wajib Anda jalankan agar sukses dalam beradaptasi adalah:

1. Fokus Saat Menjalani Masa Orientasi

Masa orientasi adalah masa pengenalan antara Anda dengan suasana dan budaya di tempat kerja Anda. Dalam masa orientasi ini, Anda akan mempelajari berbagai hal yang mendasar, serta menciptakan ritme baru dalam hidup Anda terkait rutinitas pekerjaan.

Selama masa orientasi ini, Anda akan belajar banyak hal baru tentang rutinitas pekerjaan di perusahaan tersebut. Usahakan untuk selalu fokus menyerap dan memahami berbagai dasar-dasar yang berlaku di perusahaan tersebut. Hal ini nantinya bisa Anda biasakan dan menjadi landasan bagaimana Anda bisa mengeksplorasi dan mengembangkan karir Anda.

2. Bersikap Tenang Bila Melakukan Kesalahan

Kesalahan dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan pada masa awal bekerja di tempat baru adalah hal yang wajar. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa meminimalisir kesalahan yang Anda lakukan.

Jangan panik ketika Anda melakukan suatu kesalahan. Berusaha menerima dan mengakui kesalahan serta mau memperbaiki kesalahan tersebut menjadi kunci agar Anda dapat berkembang.

Jauhi sifat rasa berkecil hati bila dimarahi oleh atasan karena kesalahan tersebut. Jika Anda tidak berbesar hati mengakui kesalahan Anda, maka hal tersebut kemungkinan akan Anda pendam dan membuat Anda mudah merasa tidak nyaman dengan tempat bekerja Anda.

3. Memanfaatkan Waktu di Luar Jam Kerja untuk Berinteraksi

Pada jam-jam istirahat siang atau sesaat setelah jam pulang kerja, tidak ada salahnya Anda berinteraksi dengan pegawai-pegawai lain yang sudah lebih lama bekerja di perusahaan tersebut. Dengan menjalin komunikasi, Anda bisa lebih mengenal dan berteman dengan pegawai lain.

Kuncinya, belajarlah dari mereka tentang bagaimana kehidupan kerja di perusahaan tersebut. Komunikasi juga memainkan peran penting agar Anda bisa saling berbagai pengalaman dan suka duka dalam menangani suatu pekerjaan dengan orang-orang yang menjalani hal serupa.

4. Kenali Perusahaan Tempat Anda Bekerja

Tidak hanya rekan kerja, mengenali perusahaan juga wajib Anda lakukan. Mulai dari filosofi, tujuan, hingga detail-detail kecil tentang perusahaan tersebut.

Pengenalan ini membuat Anda bisa memahami tujuan Anda bekerja dan bagaimana Anda harus melakukan pekerjaan Anda. Selain itu, pahami pula pola-pola yang bisa membuat Anda berkembang secara karir di perusahaan tersebut.

Bukan tidak mungkin, Anda bisa menemukan jalan cepat menaikkan jenjang karir Anda. Tentu saja, hal ini bisa Anda lakukan bila memahami hal-hal tersebut.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel